RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | X (sepuluh)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam S |
Indikator | : | · Membuat dan menyimpan dokumen baru · Mengatur ukuran halaman · Mengatur format teks dan spasi paragraf · Menggunakan bullet dan numbering · Menggunakan border and shading |
Alokasi Waktu | : | 2 x 45 menit |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Ø Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Membuat dan menyimpan dokumen baru
Ø Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur ukuran halaman
Ø Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur format teks dan spasi paragraf
Ø Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan bullet dan numbering
Ø Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan border and shading
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
- membuat dokumen baru
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (Gambar 1)
yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
Gambar 1. Tombol New Blank Document di Tool Bar
- Mengatur margin halaman
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page Setup (Gambar 2). Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.
Gambar 2. Kotak dialog Page Setup
• Margins: untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 3 menunjukkan margin halaman.
• Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
TOP
BOTTOM
Gambar 3. Margin halaman
Secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options (Gambar 4). Pilih tab General. Pada bagian Measurements Units, gantilah satuan ke Centimeters.
Gambar 4. kotak dialog Options
- Menyimpan dokumen
1. Klik menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak
dialog Save As (Gambar 5).
Gambar 5. Kotak dialog Save As
2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File > Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File > Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru.
- Menutup dokumen
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
• Klik menu File > Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
• Klik menu File > Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
Sehingga muncul kotak dialog open (Gambar 7), kemudian pilih file
dokumen yang hendak dibuka.
Gambar 7. Kotak dialog Open
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching and Learning dan Life skill
Metode : Ceramah dan Tutor Sebaya
Model : Problem Based Introduction ( PBI )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memasuki ruang kelas tepat waktu.
· Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
· Para siswa diminta untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
a. Apersepsi
Dengan menggunakan metode ceramah guru memberikan ilustrasi pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer sehingga lebih cepat dan sistematis
b. Motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan masalah dalam kehidupan sehari - hari
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Guru menyajikan materi pelajaran dan dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari
· Guru menjelaskan melalui LCD Proyektor tentang tampilan Microsoft Word terutama blank document
· Guru menjelaskan melalui LCD bagaimana cara membuat dokumen baru dan cara menyimpannya apabila perlu siswa dipersilahkan merekam dalam bentuk catatan
· Siswa diminta mengingat kembali dan mempraktekan secara simple dikomputer masing masing
· Guru berkeliling membenarkan praktek dokumen baru
b. Elaborasi
Sebagai elaborasi guna memperdalam dan memperluas ingatan dan skil siswa , guru bisa menggunakan quis dan siswa menjawab dan menjelaskan kegunaaanya
c. Konfirmasi
· Guru memberikan latihan soal yang bisa langsung dipraktikan dalam komputer masing masing
Membuat dan menyimpan dokumen baru kemudian disimpan dengan nama Lat 1
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan melaksanakan Pembinaan dan Pengembangan melalui sekolah atau berbasis pada Gugus dari setiap kecamatan.
Perlombaan dan pertandingan pada kegiatan Porseni dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, propinsi sampai ketingkat nasional. Peserta terbaiklah yang akan dikirim ketingkat Propinsi atau ketingkat Nasional, oleh karena itu berbahagialah kalian yang telah berprestasi ditingkat kabupaten dan saya berharap agar kalian bersama – sama dengan pendamping / pelatih tetap bersikap sportif demi membawa nama baik Kabupaten Malinau.
Selanjutnya dalam peringatan Hardiknas Tahun 2007 dengan tema : “Dengan Semangat Hardiknas Kita Sukseskan Pendidikan Bermutu Untuk Semua”
· Guru langsung memberikan arahan dan pembenaran praktek
· Apresiasi dapat berupa nilai atau pujian
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan tentang pembuatan dokumen baru
· Penugasan Rumah
· Siswa merapikan kembali perangkat yang telah dipergunakan
· Motivasi agar siswa lebih bersemangat dan belajar tidak takut mencoba
· Guru meminta para siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala IlmuNya
· Guru meninggalkan kelas dengan tepat waktu
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Buku TIK, Komputer, LCD Proyektor, Laptop, LKS
VIII. Penilaian
Ujian Kemampuan Praktek
1. Bagaimana prosedur untuk mengaktifkan Program MS.Word
2. Ketik data berikut ini
Nama : Haya Trissa Fauziah
Nama Panggilan : Rissa
Tempat Lahir : Rembang
Tanggal Lahir : 3 Maret 1992
Alamat : Jl. Kebun Bunga No 78 Sukarame Rembang
No Telpon : (0356) 370 211
Hobi : Membaca dan Membuat Program Komputer
Cita-cita : Menjadi Ahli Komputer
Nama Sekolah : _________________
3. Bagaimana cara untuk menyimpan data di atas dengan nama DATA PRIBADI
4. Bagimana cara untuk membuka sebuah dokumen yang bernama DATA PRIBADI
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui Rembang. 30 Juni 2011
Kepala SMA Islam Al Kamal Guru Mata Pelajaran TIK
Moh. Ridwan, S.Ag, SH Didik Saifudin Zuhri, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | X (sepuluh)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kat |
Indikator | : | · Menggunakan huruf berbagai jenis font dan ukuran · Menggunakan identasi · Menggunakan menu tabs · Mengoperasikan menu dan ikon pada program pengolah kata · Mengedit dokumen · Mengatur tata letak dokumen dengan berbagai ukuran kertas |
Alokasi Waktu | : | 2 x 45 menit |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan huruf berbagai jenis font dan ukuran
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan identasi
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengedit teks dengan baik
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengoperasikan menu dan ikon pada program pengolah kata
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengedit dokumen
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur tata letak dokumen dengan berbagai ukuran kertas
E. Materi Pembelajaran
- Memformat font
Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan. Klik menu Format > Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti pada Gambar 8.
• Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
• Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
• Size: menentukan ukuran huruf.
• Font Color: menentukan warna huruf.
• Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
• Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
Gambar 8. kotak dialog Font
Tabel dibawah ini memperlihatkan contoh-contoh hasil pemformatan teks dan penggunaan efek di dalam teks.
Format Karakter | Hasil Format Karakter |
Regular | Ini contoh teks dengan efek |
Bold | Ini contoh teks dengan efek |
Italic | Ini contoh teks dengan efek |
Bold Italic | Ini contoh teks dengan efek |
Underline | Ini contoh teks dengan efek |
Bold – Italic – Underline | Ini contoh teks dengan efek |
Strikethrough | |
Double Strikethrough | |
Superscript | Ini contoh teks dengan efek |
Subscript | Ini contoh teks dengan efek |
Shadow | Ini contoh teks dengan efek |
Outline | |
Emboss | Ini contoh teks dengan efek |
Engrave | Ini contoh teks dengan efek |
Small caps | INI CONTOH TEKS DENGAN EFEK |
All caps | INI CONTOH TEKS DENGAN EFEK |
Hiden | (tidak terlihat) |
Ø Pengaturan Perataan Teks
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antarbaris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing . Contoh penggunaan Line Spacing.
• Pengaturan spasi baris dengan nilai Single
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
• Pengaturan spasi baris dengan nilai Double
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.
Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya dapat dilihat pada Gambar 9.
Gambar 9. Penggunaan tabulasi di dalam dokumen
Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruler kemudian klik pointer sehingga muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima alignment yang dapat dipilih, yaitu Left , Center , Right , Decimal
dan Bar .
Ø Mengedit teks
Pengeditan teks yang dapat dilakukan antara lain, memilih, menghapus, menggandakan, dan sebagainya.
• Memilih karakter, kata, baris, dan paragraf
Karakter yang terpilih akan ditandai dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna karakter akan berubah terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan pointer di belakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan, tekan tombol Control pada keyboard sebelum berpindah ke kata yang berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer di sebelah kiri baris sehingga pointer berubah menjadi tanda anak panah, kemudian klik hingga baris tersebut terplih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan pointer di atas sembarang teks di dalam paragraf, kemudian klik tiga kali maka seluruh paragraf akan terpilih. Dan untuk memilih seluruh karakter, klik menu Edit > Select All.
• Menghapus karakter
Penghapusan karakter dapat menggunakan tombol Del dan Backspace pada keyboard. Perbedaan diantara keduanya adalah:
o Apabila titik sisip berada di belakang karakter yang akan dihapus, gunakan tombol Del pada keyboard.
o Apabila titik sisip berada di depan karakter yang dihapus, tekan tombol Backspace pada keyboard.
• Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste
Perintah Copy dan Paste mempunyai kaitan. Perintah Copy
digunakan untuk menggandakan karakter yang terpilih untuk kemudian
menempatkannya pada posisi lain, perintah Paste adalah untuk menempatkan hasil pengoperasian perintah tersebut ke tempat yang baru. Perintah Cut digunakan untuk memotong karakter yang terpilih untuk
kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah Paste untuk
menempatkan hasil ke tempat yang baru. Bedanya dengan perintah Copy adalah perintah Cut akan menghapus karakter yang berada pada posisi aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada posisi asli. Perintah Copy, Cut, dan Paste juga berlaku antar dokumen.
• Menggunakan perintah Undo dan Redo
Perintah Undo digunakan untuk mengembalikan aksi yang telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo adalah sebaliknya.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching and Learning dan Life skill
Metode : Ceramah dan Tutor Sebaya
Model : Problem Based Introduction ( PBI )
Pertemuan Ke-dua ( 2 x 45 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memasuki ruang kelas tepat waktu.
· Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
· Para siswa diminta untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
a. Apersepsi
Dengan menggunakan metode ceramah guru memberikan ilustrasi pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer sehingga lebih cepat dan sistematis
b. Motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan masalah dalam kehidupan sehari - hari
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Guru menyajikan materi pelajaran dan dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari
· Guru menjelaskan melalui LCD Proyektor tentang format teks
· Guru menjelaskan melalui LCD bagaimana cara mempraktekan format teks apabila perlu siswa dipersilahkan merekam dalam bentuk catatan
· Siswa diminta mengingat kembali dan mempraktekan secara simple dikomputer masing masing
· Guru berkeliling membenarkan praktek format teks
b. Elaborasi
Sebagai elaborasi guna memperdalam dan memperluas ingatan dan skil siswa , guru bisa menggunakan quis dan siswa menjawab dan menjelaskan kegunaaanya
c. Konfirmasi
· Guru memberikan latihan soal yang bisa langsung dipraktikan dalam komputer masing masing
· Siswa ditugaskan membuka kembali file Lat-2
· Melakukan format teks
Latihan 2 :
Buatlah teks dibawah ini :
MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi- Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Simpanlah file tersebut dengan nama Latihan – 2
· Guru langsung memberikan arahan dan pembenaran praktek
· Apresiasi dapat berupa nilai atau pujian
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan format teks
· Penugasan Rumah
· Siswa merapikan kembali perangkat yang telah dipergunakan
· Motivasi agar siswa lebih bersemangat dan belajar tidak takut mencoba
· Guru meminta para siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala IlmuNya
· Guru meninggalkan kelas dengan tepat waktu
VIII. Penilaian
Evaluasi Pemahaman Konsep, dilakukan dengan memberikan nilai skor dari 0 sampai 100 untuk soal-soal di bawah ini
1. Nama tampilan berikut ini dan jelaskan !
2. Apa nama tampilan berikut
3. Jelaskan fungsi masing-masing dari tools Bar berikut :
4. Jelaskan arti dari tampilan berikut inni
A.
B.
5. Bagaimana prosedur untun menampilan ruller, formating dan standar pada layar !
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui Sarang, 30 Juni 2011
Kepala SMA Islam Al Kamal Guru Mata Pelajaran TIK
Moh. Ridwan, S.Ag, SH Didik Saifudin Zuhri, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah | : | SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang |
Mata Pelajaran | : | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
Kelas/ Semester | : | X (sepuluh)/ 2 (dua) |
Standar Kompetensi | : | 5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi |
Kompetensi Dasar | : | 5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kat |
Indikator | : | · Mengoperasikan find, replace dan go to · Menyisipkan simbol · Menyisipkan obyek · Membuat dan memanfaatkan hiperlink |
Alokasi Waktu | : | 2 x 45 menit |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengoperasikan find, replace dan go to
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menyisipkan simbol
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menyisipkan obyek
- Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Membuat dan memanfaatkan hiperlink
A. Materi Pembelajaran
- Menyisipkan symbol
Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna simbol seperti ©, ®, ☺, dan sebagainya. Cara menyisipkan simbol adalah klik menu Insert > Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol (Gambar 10). Pilihlah simbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.
Gambar 10. kotak dialog Symbol
Ø Menyisipkan objek
• Menyisipkan gambar
Untuk menyisipkan gambar dari file, klik menu Insert > Picture > From File sehingga muncul kotak dialog Insert Picture (Gambar 14). Pilih gambar yang diinginkan dari folder.
Gambar 14. Kotak dialog Insert Picture
• Menyisipkan objek AutoShape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihnya pada Tool Bar Drawing (Gambar 11). Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View > Toolbars > Drawing. Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.
Gambar 11. Tool Bar Drawing
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memasuki ruang kelas tepat waktu.
· Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
· Para siswa diminta untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
a. Apersepsi
Dengan menggunakan metode ceramah guru memberikan ilustrasi pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer sehingga lebih cepat dan sistematis
b. Motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan masalah dalam kehidupan sehari - hari
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Guru menjelaskan tentang find, replace dan go to
· Guru menjelaskan bagaimana cara mempraktekan menyisipkan simbol dan obyek apabila perlu siswa dipersilahkan merekam dalam bentuk catatan
· Siswa diminta mengingat kembali dan mempraktekan secara simple dikomputer masing masing
· Guru berkeliling membenarkan praktek menyisipkan symbol dan obyek.
b. Elaborasi
Sebagai elaborasi guna memperdalam dan memperluas ingatan dan skil siswa , guru bisa menggunakan quis dan siswa menjawab dan menjelaskan kegunaaanya
c. Konfirmasi
· Guru memberikan latihan soal yang bisa langsung dipraktikan dalam komputer masing masing
· Siswa ditugaskan membuka kembali file Lat-2
· Melakukan Edit teks yaitu find and replace.
· Siswa disuruh untuk mengganti kata Nasional dengan kata Indonesia pada file Lat - 1
· Guru langsung memberikan arahan dan pembenaran praktek
· Apresiasi dapat berupa nilai atau pujian
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan Edit teks
· Penugasan Rumah
· Siswa merapikan kembali perangkat yang telah dipergunakan
· Motivasi agar siswa lebih bersemangat dan belajar tidak takut mencoba
· Guru meminta para siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala IlmuNya
· Guru meninggalkan kelas dengan tepat waktu
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
- Buku TIK, PC, LCD Proyektor, Laptop, LKS
VIII. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Membuat dokumen baru Ø Melakukan format teks Ø Mengedit teks Ø Mengatur format paragraf Ø Menyisipkan objek Ø Mengatur format Halaman Ø Mencetak dokumen/berkas | Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) Tes praktik (kinerja) | Tes uji kerja Tes uji kerja Tes uji kerja Tes uji kerja Tes uji kerja Tes uji kerja Tes uji kerja | Buatlah dokumen pengolah kata baru! Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan format teks! Editlah dokumen yang telah kamu buat dengan cara menghapus, menyalin data dan menambahkan teks! Lakukanlah pengaturan paragraf terhadap dokumen pengolah kata yang telah kamu buat! Buatlah dokumen pengolah kata dengan menyipsikan objek Clip Art dan WordArt! Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan pengaturan halaman!! Cetaklah dokumen yang telah kamu buat dengan ukuran kertas folio! |
Rubrik uji prosedur
Indikator Pencapaian Kompetensi | Skala kuantitatif | Nilai [(jml.skor/40)x100] | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
1. | Membuat dokumen yang baru | | | | | |
2. | Membuat dan melakukan format teks | | | | | |
3. | Menghapus data | | | | | |
4. | Menyalin data | | | | | |
5. | Menambah data | | | | | |
6. | Melakukan pengaturan paragraph terhadap dokumen | | | | | |
7. | Membuat dokumen dengan menyisipkan Clip Art | | | | | |
8. | Membuat dokumen dengan menyisipkan Word Art | | | | | |
9. | Membuat dokumen dengan melakukan pengaturan halaman | | | | | |
10. | Mencetak dokumen dengan ukuran kertas folio | | | | | |
JUMLAH | | |
Mengetahui Sarang, Juni 2011
Kepala SMA Islam Al Kamal Guru Mata Pelajaran TIK
Moh. Ridwan, S.Ag, SH Didik Saifudin Zuhri, SH
YAYASAN AL-KAMAL
SMA ISLAM AL-KAMAL
SARANG REMBANG
NPSN : 20315691, NSS : 302031705 017
Jalan Raya No. 55 Sarang Rembang Telp. (0356) 411943
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Oleh :
DIDIK SAIFUDIN ZUHRI
MATA PELAJARAN : T I K
KELAS / SEMESTER : X / 2
TAHUN PELAJARAN : 2011/2011
No comments:
Post a Comment