RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Topik : Keadaan
Alam dan Pola Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub Topik : Koneksitas Antar Ruang dan Waktu
Pertemuan : Ke 1
Alokasi Waktu : 3 X 40
menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.2 Menghargai
ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Meniru
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya
dirisebagaimana ditunjukkan oleh tokohtokoh pada masa Hindu-Buddha dan Islam
dalam kehidupannya sekarang.
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya.
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
3.2 Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
C. INDIKATOR
þ Konektivitas Antarruang dan Waktu
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan
pembelajaran pada Bab I ini ialah peserta didik mampu :
þ memahami konektivitas antarruang dan
waktu
þ memahami letak wilayah dan pengaruhnya
bagi keadaan alam Indonesia
þ memahami keadaan alam Indonesia
þ memahami pola aktivitas ekonomi penduduk
Indonesia berdasarkan potensi alam
þ menunjukkan perilaku jujur, bertanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan percaya diri.
þ mencoba dan menyajikannya dalam bentuk
laporan
E. MATERI PEMBELAJARAN
Kegiatan
pembelajaran pada Bab I terdiri atas empat subpokok bahasan berikut.
þ Konektivitas Antarruang dan Waktu
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi
dan diskusi
Model : Problem Based Learning
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
þ Media : Alam sekiter kita
þ Alat dan bahan : Alat indra dan
lingkungan
þ Sumber Belajar : Buku Siswa IPS, Kelas VII, Puskurbuk 2013
Buku
Guru
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan
pokok
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
þ
Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang
pengamatan dalam pembelajaran IPS.
þ
Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap
masalah tersebut.
þ
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan
cara pambelajaran yang akan dilaksanakan.
þ
Perkenalan dengan menayangkan gambar atau memberikan
contoh tentang suatu tempat dan peristiwa yang terjadi di tempat tersebut.
þ
Guru melaksanakan pembelajaran subbab tentang letak wilayah
dan pengaruhnya bagi Indonesia.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam
belajar
|
þ
Model dan strategi pembelajaran pada subpokok bahasan ini
ialah diskusi kelompok secara bervariasi. Jika tidak memungkinkan, guru dapat
menggunakan model lain, misalnya tanya-jawab atau menggunakan strategi kartu
berpasangan.
þ
Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru.
þ
Siswa menerima LKS untuk pengamatan
|
20 Menit
|
|
Membimbing pengamatan siswa
secara mandiri maupun kelompok
|
þ
Guru dapat memfasilitasi terjadinya proses pembelajaran
dengan cara membimbing peserta didik untuk dapat melakukan kegiatan
belajar-mengajar, mendorong peserta didik untuk melaksanakan unjuk kerja
dengan media yang tersedia dan memungkinkan di sekolah masing-masing,
melakukan perenungan atau refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan
dan menilai aktivitas peserta didik.
þ
Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan
berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah
diidentifikasi.
þ
Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar
berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.
|
20 Menit
|
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
þ
Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam
laporan tertulis.
þ
Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan,
penarikan kesimpulan didepan kelas
|
20 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
þ
Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap
pemecahan- pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
þ
Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan
diberi penghargaan.
þ
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi
yang telah dipelajari siswa.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata
|
|||
Kelayakan Isi
|
Kelayakan Penyajian
|
Bahasa
|
Kreatifitas
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Lembar
Penilaian Presentasi Diskusi
No.
|
Aspek Penilaian
|
Nilai Diperoleh
|
Bobot
|
Nilai X Bobot
|
Catatan
|
1.
|
Kebermaknaan Informasi
|
|
|
|
|
2.
|
Pemahaman Terhadap Materi
|
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan berargumentasi ( alasan, usulan, mempertahankan pendapat )
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan memberikan respon ( memberikan respon yang sesuai dengan
permasalahan pendapat )
|
|
|
|
|
5.
|
Kerjasama kelompok ( berpartisipasi memiliki tanggung jawab bersama )
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
100%
|
|
3.
Lembar Penilaian Dokumen Laporan
Praktik
No.
|
Aspek Penilaian
|
Nilai Diperoleh
|
Bobot
|
Nilai X Bobot
|
Catatan
|
A.
|
Menjelaskan Masalah
|
|
|
|
|
1.
|
Kelengkapan
|
|
|
|
|
2.
|
Kejelasan
|
|
|
|
|
3.
|
Pendukung
|
|
|
|
|
4.
|
Grafis/ Ilustrasi/ Tabel / Dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|||||
B.
|
Usulan Kebijakan Alternatif
|
|
|
|
|
1.
|
Kelengkapan
|
|
|
|
|
2.
|
Kejelasan
|
|
|
|
|
3.
|
Pendukung
|
|
|
|
|
4.
|
Grafis/ Ilustrasi/ Tabel / Dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|||||
C.
|
Sistematis
|
|
|
|
|
1.
|
Berkaitan satu dengan yg lain
|
|
|
|
|
2.
|
Urutan secara runtut
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
100%
|
|
4.
Lembar Pengamatan Nilai Karakter
No.
|
Nilai Karakter
|
Skala
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Jujur
|
|
|
|
|
2.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3.
|
Bertanggungjawab
|
|
|
|
|
4.
|
Peduli
|
|
|
|
|
5.
|
Santun
|
|
|
|
|
6.
|
Percaya Diri
|
|
|
|
|
7.
|
Menghargai
|
|
|
|
|
8.
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
9.
|
Kritis
|
|
|
|
|
10.
|
Berfikir Logis
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................... 20...
Guru Mapel IPS
( ___________________ )
NIP ..................................
|
No comments:
Post a Comment