RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan
kehidupan keluarga
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan
lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
I.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog
tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.
Nilai Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
II. Materi Pembelajaran:
Dialog tentang:
a) Perkenalan , misalnya :
مصطفى :السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله؟
(انظر اللغة العربية لقسم الأجنبية ص 1)
b) Hubungan dengan Tetangga
هل للجار حقوق يجب أن نحترمها يا أستاذ؟
نعم، للجار حقوق وعليه واجبات
وما هي يا أستاذ؟
وهي كثيرة، منها:
عيادته إذا مرض
تشييع جنازته إذا مات
تهنيئه إذا نجح ... إلخ
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran
siswa
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
·
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
· Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
· Seluruh siswa menirukan
kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
· Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
:
· 5 orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
· Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
· Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
· Setiap siswa melakukan
percakapan dengan teman sekelas/sebaya
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
·
Mengajukan
pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab
pertanyaan sesuai konteks
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan
percakapan sesuai konteks
|
Tugas Kelompok
|
Bermain
Peran
|
Mainkan sebuah drama dengan tema
perkenalan di sekolah ..!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Heri Darmawan
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Roby
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Joni
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ............., ......
................ ...........
Kepala MA... Guru
Mapel Bahasa Arab
.............................. ............................
NIP ...................... NIP
.....................
No comments:
Post a Comment