RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan
kehidupan keluarga
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan
lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
I.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog
tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.
Nilai Karakter Bangsa
“
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
“
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
“
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
“
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
“
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
II. Materi Pembelajaran:
Dialog tentang:
a) Perkenalan , misalnya :
مصطفى :السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله؟
(انظر اللغة العربية لقسم الأجنبية ص 1)
b) Hubungan dengan Tetangga
هل للجار حقوق يجب أن نحترمها يا أستاذ؟
نعم، للجار حقوق وعليه واجبات
وما هي يا أستاذ؟
وهي كثيرة، منها:
عيادته إذا مرض
تشييع جنازته إذا مات
تهنيئه إذا نجح ... إلخ
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran
siswa
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
·
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
· Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
· Seluruh siswa menirukan
kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
· Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
:
· 5 orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
· Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
· Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
· Setiap siswa melakukan
percakapan dengan teman sekelas/sebaya
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·
Menyampaikan
informasi sederhana sesuai konteks
·
Mengajukan
pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab
pertanyaan sesuai konteks
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan
percakapan sesuai konteks
|
Tugas Kelompok
|
Bermain
Peran
|
Mainkan sebuah drama dengan tema
perkenalan di sekolah ..!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Heri Darmawan
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Roby
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Joni
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui ............., ......
................ ...........
Kepala MA... Guru
Mapel Bahasa Arab
.............................. ............................
NIP ...................... NIP
.....................
No comments:
Post a Comment