Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Sunday 31 July 2011

Windows XP SP3 Diamond Ultimate 2010 v3.0

Kumpulan Software Gratis | Windows XP SP3 Diamond Ultimate 2010 v3.0 | Windows XP SP3 Modification 2010


Windows XP Diamond Ultimate (2010) + Genuine Serial Keys

Windows XP Diamond Ultimate (2010) + Genuine Serial Keys
Windows XP Diamond Ultimate (2010)

System requirements:
CPU: P4 2.0 Ghz (or higher)
RAM: 1 GB (or higher)
VGA: Onboard 64 (greater)
HDD: 20 GB (or higher)

Friday 15 July 2011

Rekayasa Keajaiban Otak Anak Dengan Stimulasi


Ilustrasi: Satuan yang membentuk otak ialah sel saraf yang merupakan neurochips, yang jumlahnya sedikitnya 100 miliar buah. Sel saraf ini mempunyai banyak synapsis (sambungan antarneuron). Semakin banyak synapsis, semakin banyak neuron yang menyatu membentuk unit-unit. Kualitas kemampuan otak dalam menyerap dan mengolah informasi tergantung pada banyaknya neuron yang membentuk unit-unit. (foto: google)
Ilustrasi: Satuan yang membentuk otak ialah sel saraf yang merupakan neurochips, yang jumlahnya sedikitnya 100 miliar buah. Sel saraf ini mempunyai banyak synapsis (sambungan antarneuron). Semakin banyak synapsis, semakin banyak neuron yang menyatu membentuk unit-unit. Kualitas kemampuan otak dalam menyerap dan mengolah informasi tergantung pada banyaknya neuron yang membentuk unit-unit. (foto: google)
Bagaimana bayangan Anda terhadap anak-anak cerdas dan genius? Apakah Anda mengira anak-anak itu secara genetik sudah berotak encer dan tidak perlu diajari lagi?

Generasi unggul tidak tumbuh dengan sendirinya. Laju tumbuh kembang dan tingkat inteligensia seorang anak sebenarnya tidak dipengaruhi oleh faktor keturunan saja. Ada tiga faktor yang saling memengaruhi, yaitu genetik atau keturunan, faktor lingkungan, dan faktor gizi.

Faktor genetik, meski tidak bisa kita ubah, hanya berkontribusi sekitar 30 persen saja. Sisanya, faktor gizi dan lingkungan (pengasuhan dan stimulasi), bisa dirangsang sebelum dan sesudah si kecil lahir.
Para ahli menemukan bahwa 20 persen tingkat kecerdasan terbentuk di dalam kandungan. Menurut dr Koesnadi Rusmil SpA (K), sel-sel otak janin terbentuk sejak usia tiga bulan dalam kandungan dan berlanjut sampai anak berusia tiga hingga lima tahun. Jumlah sel otak tumbuh mencapai miliaran, tetapi belum ada hubungan antarsel. Kualitas dan kompleksitas rangkaian hubungan antarsel otak ditentukan stimulasi lingkungan.

Tidak pernah ada kata terlalu awal untuk mulai memberikan stimulasi. "Sejak dalam kandungan, bayi sudah bisa distimulasi dengan cara mengajaknya berkomunikasi, menyentuh perut, mendengarkan musik, atau lantunan Al Quran," kata dr Koesnadi, ahli tumbuh kembang anak dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, dalam acara media workshop yang diadakan oleh Frisian Flag di Jakarta beberapa waktu lalu.
Setelah lahir, stimulasi harus terus dilakukan untuk meningkatkan koneksi otaknya. Stimulasi pada usia dini bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, seperti saat menyusui, menggendong, memandikan, atau memakaikan baju. Stimulasi pada bayi berusia kurang dari tiga bulan dilakukan dengan mengupayakan rasa aman dan nyaman, misalnya dengan memeluk, menatap mata, atau mengajak berbicara.

Membuat Kuis Pilihan Ganda dengan Flash

Saturday 2 July 2011

RPP TIK SMA Kelas X Semester 2 Elaborasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
X (sepuluh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar
:
5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam S
Indikator
:
·        Membuat dan menyimpan dokumen baru
·        Mengatur ukuran halaman
·        Mengatur format teks dan spasi paragraf
·        Menggunakan bullet dan numbering
·        Menggunakan border and shading
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Membuat dan menyimpan dokumen baru
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur ukuran halaman
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur format teks dan spasi paragraf
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan bullet dan numbering
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan border and shading

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
X (sepuluh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
5.      Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar
:
5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam S
Indikator
:
·        Membuat dan menyimpan dokumen baru
·        Mengatur ukuran halaman
·        Mengatur format teks dan spasi paragraf
·        Menggunakan bullet dan numbering
·        Menggunakan border and shading
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Membuat dan menyimpan dokumen baru
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur ukuran halaman
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur format teks dan spasi paragraf
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan bullet dan numbering
Ø       Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan border and shading

v     Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
  • membuat dokumen baru
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
1.   Klik   menu   File   >   New   sehingga   muncul   jendela   Task   Pane   yang menampilkan bagian New Document.
2.   Setelah  itu,  pilihlah  Blank  Document  untuk  membuat  dokumen.  (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (Gambar 1)
yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.


Gambar 1. Tombol New Blank Document di Tool Bar


  • Mengatur margin halaman
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti  mempengaruhi  hasil  cetakan.  Pengaturan  properti  dapat  dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page  Setup  (Gambar  2).  Kotak  dialog  ini  terdiri  dari  tiga  bagian,  yaitu Margins, Paper, dan Layout.

Gambar 2. Kotak dialog Page Setup

    Margins: untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 3 menunjukkan margin halaman.
    Paper  Size:  untuk  menentukan  ukuran  kertas  yang  akan  digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Text Box: LEFTText Box: RIGHTTOP












BOTTOM

Gambar 3. Margin halaman

Secara default,  satuan  yang digunakan  pada ruler  maupun  margin  adalah inchi.  Untuk  mengubahnya  ke  centimeter,  klik  menu  Tools  >  Options sehingga muncul kotak dialog Options (Gambar 4). Pilih tab General. Pada bagian Measurements Units, gantilah satuan ke Centimeters.

Gambar 4. kotak dialog Options
  • Menyimpan dokumen
1.   Klik  menu  File  > Save  atau  File  > Save  As sehingga  muncul  kotak
dialog Save As (Gambar 5).


Gambar 5. Kotak dialog Save As

2.   Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
     Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
     File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
    Save as type: type dokumen,  gunakan  default  yang diberikan, yaitu Word Document.
     Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File > Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik File > Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru.

  • Menutup dokumen
Setelah selesai mengedit dokumen  dan memastikan  sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
        Klik menu File > Close.
        Klik tombol Close Window  yang terdapat di dalam Title Bar.

Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
        Klik menu File > Open.
        Klik tombol Open  yang terdapat di dalam Tool Bar.
Sehingga  muncul kotak dialog open (Gambar  7), kemudian  pilih file
dokumen yang hendak dibuka.

Gambar 7. Kotak dialog Open

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan                        :  Contekstual Teaching and Learning dan Life skill
Metode                              :  Ceramah dan  Tutor Sebaya
Model                                :  Problem Based Introduction ( PBI )

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·        Guru memasuki ruang kelas tepat waktu.
·        Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·        Para siswa diminta untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
a.       Apersepsi
Dengan menggunakan metode ceramah guru memberikan ilustrasi pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer sehingga lebih cepat dan sistematis
b.      Motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan masalah dalam kehidupan sehari - hari
           
2. Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·        Guru menyajikan materi pelajaran dan dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari
·        Guru menjelaskan melalui LCD Proyektor tentang tampilan Microsoft Word terutama blank document
·        Guru menjelaskan melalui LCD bagaimana cara membuat dokumen baru dan cara menyimpannya apabila perlu siswa dipersilahkan merekam dalam bentuk catatan
·        Siswa diminta mengingat kembali dan mempraktekan secara simple dikomputer masing masing
·        Guru berkeliling membenarkan praktek dokumen baru

b.      Elaborasi
Sebagai elaborasi guna memperdalam dan memperluas ingatan dan skil siswa , guru bisa menggunakan quis dan siswa menjawab dan menjelaskan kegunaaanya
c.       Konfirmasi
·        Guru memberikan latihan soal yang bisa langsung dipraktikan dalam komputer masing masing
Membuat dan menyimpan dokumen baru kemudian disimpan dengan nama Lat 1
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan melaksanakan Pembinaan dan Pengembangan melalui sekolah atau berbasis pada Gugus dari setiap kecamatan.
Perlombaan dan pertandingan pada kegiatan Porseni dilaksanakan  secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, propinsi sampai ketingkat nasional.  Peserta terbaiklah yang akan dikirim ketingkat Propinsi atau ketingkat Nasional, oleh karena itu berbahagialah kalian yang telah berprestasi ditingkat kabupaten dan saya berharap agar kalian bersama – sama dengan pendamping / pelatih  tetap bersikap sportif demi  membawa nama baik Kabupaten Malinau.
Selanjutnya dalam peringatan Hardiknas Tahun 2007 dengan tema : “Dengan Semangat Hardiknas Kita Sukseskan Pendidikan Bermutu Untuk Semua”
·        Guru langsung memberikan arahan dan pembenaran praktek
·        Apresiasi dapat berupa nilai atau pujian

3. Kegiatan Penutup
·        Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·        Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan tentang pembuatan dokumen baru
·        Penugasan Rumah
·        Siswa merapikan kembali perangkat yang telah dipergunakan
·        Motivasi agar siswa lebih bersemangat dan belajar tidak takut mencoba
·        Guru meminta para siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala IlmuNya
·        Guru meninggalkan kelas dengan tepat waktu

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Buku TIK, Komputer, LCD Proyektor, Laptop, LKS

VIII.  Penilaian          
            Ujian Kemampuan Praktek
1.  Bagaimana prosedur untuk mengaktifkan Program MS.Word
2.  Ketik data berikut ini
     Nama                         : Haya Trissa Fauziah
     Nama Panggilan          : Rissa
     Tempat Lahir              : Rembang
     Tanggal Lahir  : 3 Maret 1992
     Alamat                       : Jl. Kebun Bunga No 78 Sukarame Rembang
  No Telpon                  : (0356) 370 211         
  Hobi                           : Membaca dan Membuat Program Komputer
  Cita-cita                     : Menjadi Ahli Komputer
  Nama Sekolah                        : _________________
    
3.  Bagaimana cara untuk menyimpan data di atas dengan nama DATA PRIBADI
4.  Bagimana cara untuk membuka sebuah dokumen yang bernama DATA PRIBADI

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui                                                                     Rembang. 30 Juni 2011
Kepala SMA Islam Al Kamal                                          Guru Mata Pelajaran TIK


Moh. Ridwan, S.Ag, SH                                               Didik Saifudin Zuhri, SH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester
:
X (sepuluh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar
:
5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kat
Indikator
:
·        Menggunakan huruf berbagai jenis font dan ukuran
·        Menggunakan identasi
·        Menggunakan menu tabs
·        Mengoperasikan menu dan ikon pada program pengolah kata
·        Mengedit dokumen
·        Mengatur tata letak dokumen dengan berbagai ukuran kertas
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan huruf berbagai jenis font dan ukuran
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menggunakan identasi
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengedit teks dengan baik
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengoperasikan menu dan ikon pada program pengolah kata
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengedit dokumen
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengatur tata letak dokumen dengan berbagai ukuran kertas 

E.     Materi Pembelajaran
  • Memformat font
Pemformatan  karakter  dapat diterapkan  sebelum  ataupun  sesudah  pengetikan. Klik  menu  Format  > Font untuk  melakukan  pemformatan  sehingga  muncul kotak dialog Font seperti pada Gambar 8.
    Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
    Font Style: menentukan  tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
    Size: menentukan ukuran huruf.
    Font Color: menentukan warna huruf.
    Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
    Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.


Gambar 8. kotak dialog Font

Tabel dibawah ini memperlihatkan  contoh-contoh  hasil pemformatan  teks dan penggunaan efek di dalam teks.

Format Karakter
Hasil Format Karakter
Regular
Ini contoh teks dengan efek
Bold
Ini contoh teks dengan efek
Italic
Ini contoh teks dengan efek
Bold Italic
Ini contoh teks dengan efek
Underline
Ini contoh teks dengan efek
Bold Italic Underline
Ini contoh teks dengan efek
Strikethrough
Ini contoh teks dengan efek
Double Strikethrough
Ini contoh teks dengan efek
Superscript
Ini contoh teks dengan efek
Subscript
Ini contoh teks dengan efek
Shadow
Ini contoh teks dengan efek
Outline
Emboss
Ini contoh teks dengan efek
Engrave
Ini contoh teks dengan efek
Small caps
INI CONTOH TEKS DENGAN EFEK
All caps
INI CONTOH TEKS DENGAN EFEK
Hiden
(tidak terlihat)

Ø      Pengaturan Perataan Teks
                                                       
       Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
          Align Left (Ctrl + L)      :  Perataan teks sebelah kiri.
   Center (Ctrl + E)           :  Perataan teks di tengah.

   Align Right (Ctrl + R) :  Perataan teks sebelah kanan.

   Justify (Ctrl + J)            :  Perataan teks sebelah kiri dan kanan

Pengaturan  spasi  baris  adalah  pengaturan  jarak  antarbaris  di dalam  paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing    .  Contoh penggunaan Line Spacing.
    Pengaturan spasi baris dengan nilai Single
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen  misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

    Pengaturan spasi baris dengan nilai Double
Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen  misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya dapat dilihat pada Gambar 9.









Gambar 9. Penggunaan tabulasi di dalam dokumen

Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer  pada  Ruler  kemudian  klik  pointer  sehingga  muncul  simbol  tabulasi. Untuk  menghapus  tabulasi,  seret  simbol  tabulasi  keluar  Ruler.  Ada  lima alignment yang dapat dipilih, yaitu Left  , Center  , Right  ,  Decimal
dan Bar .

Ø      Mengedit teks

Pengeditan   teks   yang   dapat   dilakukan   antara   lain,   memilih,   menghapus, menggandakan, dan sebagainya.
    Memilih karakter, kata, baris, dan paragraf
Karakter yang terpilih akan ditandai dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna karakter akan berubah terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan pointer di belakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan, tekan tombol Control pada keyboard sebelum berpindah ke kata yang berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer di sebelah kiri baris sehingga pointer berubah menjadi tanda anak panah, kemudian klik hingga baris tersebut terplih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan pointer di atas  sembarang  teks  di dalam  paragraf,  kemudian  klik  tiga  kali  maka seluruh  paragraf  akan  terpilih.  Dan  untuk  memilih  seluruh  karakter,  klik menu Edit > Select All.
    Menghapus karakter
Penghapusan karakter dapat menggunakan tombol Del dan Backspace pada keyboard. Perbedaan diantara keduanya adalah:
o Apabila titik sisip berada di belakang karakter yang akan dihapus, gunakan tombol Del  pada keyboard.
o Apabila  titik  sisip  berada  di  depan  karakter  yang  dihapus,  tekan tombol Backspace pada keyboard.
    Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste
Perintah  Copy        dan  Paste   mempunyai  kaitan.  Perintah  Copy
digunakan  untuk  menggandakan  karakter  yang  terpilih  untuk  kemudian
menempatkannya     pada    posisi     lain,     perintah     Paste    adalah     untuk menempatkan hasil pengoperasian perintah tersebut ke tempat yang baru. Perintah Cut    digunakan untuk memotong  karakter yang terpilih untuk
kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah Paste untuk
menempatkan  hasil ke tempat yang baru. Bedanya dengan perintah  Copy adalah  perintah  Cut  akan  menghapus  karakter  yang  berada  pada  posisi aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada posisi asli. Perintah Copy, Cut, dan Paste juga berlaku antar dokumen.
    Menggunakan perintah Undo dan Redo
Perintah  Undo      digunakan  untuk  mengembalikan  aksi  yang  telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo  adalah sebaliknya.

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan                        :  Contekstual Teaching and Learning dan Life skill
Metode                              :  Ceramah dan  Tutor Sebaya
Model                                :  Problem Based Introduction ( PBI )

Pertemuan Ke-dua ( 2 x 45 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
·        Guru memasuki ruang kelas tepat waktu.
·        Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·        Para siswa diminta untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
a.       Apersepsi
Dengan menggunakan metode ceramah guru memberikan ilustrasi pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer sehingga lebih cepat dan sistematis
b.      Motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan masalah dalam kehidupan sehari - hari
           
2. Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·        Guru menyajikan materi pelajaran dan dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari
·        Guru menjelaskan melalui LCD Proyektor tentang format teks
·        Guru menjelaskan melalui LCD bagaimana cara mempraktekan format teks apabila perlu siswa dipersilahkan merekam dalam bentuk catatan
·        Siswa diminta mengingat kembali dan mempraktekan secara simple dikomputer masing masing
·        Guru berkeliling membenarkan praktek  format teks
b.      Elaborasi
Sebagai elaborasi guna memperdalam dan memperluas ingatan dan skil siswa , guru bisa menggunakan quis dan siswa menjawab dan menjelaskan kegunaaanya
c.       Konfirmasi
·        Guru memberikan latihan soal yang bisa langsung dipraktikan dalam komputer masing masing
·        Siswa ditugaskan membuka kembali file Lat-2
·        Melakukan format teks
Latihan 2 :

    Buatlah teks dibawah ini :


MICROSOFT WORD

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi- Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.


Simpanlah file tersebut dengan nama Latihan – 2

·        Guru langsung memberikan arahan dan pembenaran praktek
·        Apresiasi dapat berupa nilai atau pujian

3. Kegiatan Penutup
·        Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·        Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan format teks
·        Penugasan Rumah
·        Siswa merapikan kembali perangkat yang telah dipergunakan
·        Motivasi agar siswa lebih bersemangat dan belajar tidak takut mencoba
·        Guru meminta para siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala IlmuNya
·        Guru meninggalkan kelas dengan tepat waktu


VIII.  Penilaian
Evaluasi Pemahaman Konsep, dilakukan dengan memberikan nilai skor dari 0 sampai 100 untuk soal-soal di bawah ini
1. Nama tampilan berikut ini                                                                         dan jelaskan !

2. Apa nama tampilan berikut


3.  Jelaskan fungsi masing-masing dari tools Bar berikut :


 



              

4. Jelaskan arti dari   tampilan berikut inni 
 A.



 

B.

5. Bagaimana prosedur untun menampilan ruller, formating dan  standar pada layar !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui                                                                     Sarang,   30 Juni 2011
Kepala SMA Islam Al Kamal                                          Guru Mata Pelajaran TIK


Moh. Ridwan, S.Ag, SH                                               Didik Saifudin Zuhri, SH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
SMA Islam Al-Kamal Sarang Rembang
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester
:
X (sepuluh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
5. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar
:
5.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kat
Indikator
:
·   Mengoperasikan find, replace dan go to
·   Menyisipkan simbol
·   Menyisipkan obyek
·        Membuat dan memanfaatkan hiperlink
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Mengoperasikan find, replace dan go to
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menyisipkan simbol
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Menyisipkan obyek
  • Melalui metode ceramah dan praktek siswa dapat Membuat dan memanfaatkan hiperlink

A. Materi Pembelajaran
  • Menyisipkan symbol
Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna simbol seperti ©, ®, ☺, dan  sebagainya.  Cara  menyisipkan  simbol  adalah  klik  menu  Insert  > Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol (Gambar 10). Pilihlah simbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.


Gambar 10. kotak dialog Symbol


Ø      Menyisipkan objek
    Menyisipkan gambar
Untuk menyisipkan gambar dari file, klik menu Insert > Picture > From File  sehingga  muncul  kotak  dialog  Insert  Picture  (Gambar  14).  Pilih gambar yang diinginkan dari folder.


Gambar 14. Kotak dialog Insert Picture

    Menyisipkan objek AutoShape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihnya pada Tool Bar Drawing (Gambar 11). Untuk menampilkan toolbar   ini,   klik   menu   View   >  Toolbars   >  Drawing.   Klik   tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.

Gambar 11. Tool Bar Drawing

1. Kegiatan Pendahuluan
·        Guru memasuki ruang kelas tepat waktu.
·        Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
·        Para siswa diminta untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
a.       Apersepsi
Dengan menggunakan metode ceramah guru memberikan ilustrasi pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer sehingga lebih cepat dan sistematis

b.      Motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan masalah dalam kehidupan sehari - hari
           
2. Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·        Guru menjelaskan tentang find, replace dan go to
·        Guru menjelaskan bagaimana cara mempraktekan menyisipkan simbol dan obyek apabila perlu siswa dipersilahkan merekam dalam bentuk catatan
·        Siswa diminta mengingat kembali dan mempraktekan secara simple dikomputer masing masing
·        Guru berkeliling membenarkan praktek  menyisipkan symbol dan obyek.
b.      Elaborasi
Sebagai elaborasi guna memperdalam dan memperluas ingatan dan skil siswa , guru bisa menggunakan quis dan siswa menjawab dan menjelaskan kegunaaanya
c.       Konfirmasi
·        Guru memberikan latihan soal yang bisa langsung dipraktikan dalam komputer masing masing
·        Siswa ditugaskan membuka kembali file Lat-2
·        Melakukan Edit teks yaitu find and replace.
·        Siswa disuruh untuk mengganti kata Nasional dengan kata Indonesia pada file Lat - 1
·        Guru langsung memberikan arahan dan pembenaran praktek
·        Apresiasi dapat berupa nilai atau pujian

3. Kegiatan Penutup
·        Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·        Guru bersama dengan siswa menarik kesimpulan Edit teks
·        Penugasan Rumah
·        Siswa merapikan kembali perangkat yang telah dipergunakan
·        Motivasi agar siswa lebih bersemangat dan belajar tidak takut mencoba
·        Guru meminta para siswa untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala IlmuNya
·        Guru meninggalkan kelas dengan tepat waktu

VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Buku TIK, PC, LCD Proyektor, Laptop, LKS

VIII.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø      Membuat dokumen baru


Ø      Melakukan format teks


Ø      Mengedit teks




Ø      Mengatur format paragraf



Ø      Menyisipkan objek



Ø      Mengatur format Halaman



Ø      Mencetak dokumen/berkas
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)



Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja

Tes uji kerja

Tes uji kerja



Tes uji kerja


Tes uji kerja


Tes uji kerja


Tes uji kerja

Buatlah dokumen pengolah kata baru!

Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan format teks!

Editlah dokumen yang telah kamu buat dengan cara menghapus, menyalin data dan menambahkan teks!

Lakukanlah pengaturan paragraf terhadap  dokumen pengolah kata yang telah kamu buat!

Buatlah dokumen pengolah kata dengan menyipsikan objek Clip Art dan WordArt!

Buatlah dokumen pengolah kata dengan melakukan pengaturan halaman!!

Cetaklah dokumen yang telah kamu buat dengan ukuran kertas folio!

Rubrik uji prosedur
Indikator Pencapaian Kompetensi
Skala kuantitatif
Nilai
[(jml.skor/40)x100]
4
3
2
1
1.
Membuat dokumen yang baru





2.
Membuat dan melakukan format teks





3.
Menghapus data





4.
Menyalin data





5.
Menambah data





6.
Melakukan pengaturan paragraph terhadap dokumen





7.
Membuat dokumen dengan menyisipkan Clip Art





8.
Membuat dokumen dengan menyisipkan Word Art





9.
Membuat dokumen dengan melakukan pengaturan halaman





10.
Mencetak dokumen dengan ukuran kertas folio





JUMLAH


                                                                                                                                               
Mengetahui                                                                     Sarang,     Juni 2011
Kepala SMA Islam Al Kamal                                          Guru Mata Pelajaran TIK

Moh. Ridwan, S.Ag, SH                                               Didik Saifudin Zuhri, SH

 

YAYASAN AL-KAMAL
SMA ISLAM AL-KAMAL
SARANG REMBANG
NPSN : 20315691,  NSS : 302031705 017
                Jalan Raya No. 55 Sarang Rembang Telp. (0356) 411943




PERANGKAT PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
                                                     











Oleh :
DIDIK SAIFUDIN ZUHRI





MATA PELAJARAN        : T I K
KELAS / SEMESTER      : X / 2
TAHUN PELAJARAN      : 2011/2011