Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Wednesday 19 October 2011

Manual Netmeeting untuk Netcameeting

Konfigurasi Netmeeting
1.      Apa Itu Netmeeting?
Netmeeting adalah salah satu aplikasi yang disertakan semenjak system operasi windows 98. Sehingga Netmeeting sudah ada semenjak tahun 1998. Aplikasi Netmeeting ini dipersiapkan untuk keperluan rapat yang pegunaannya tidak dalam satu lokasi yang sama. Netmeeting adalah jenis aplikasi yang menggunakan/berbasis VOIP (Voice Over Internet Protocol). Dengan Netmeeting kita juga dapat melakukan sharing program, chatting seperti yahoo messenger dan yang paling utama dapat berkomunikasi seperti telepon yang dilengkapi dengan fasilitas gambar.


2.    Bagaimana Cara Kerjanya?
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa netmeeting menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) maka aplikasi Netmeeting  mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Jaringan IP sendiri adalah merupakan jaringan komunikasi data yang berbasis packet-switch, artinya data yang hendak dikirim melalui jaringan IP  diubah bentuknya menjadi paket-paket bit.  Standarisasi protokol komunikasi pada teknologi VoIP adalah jenis protokol H.323 yang dalam perkembangannya telah memungkinkan komunikasi terintegrasi dengan jaringan komunikasi lainnya seperti PSTN, sehingga saat ini user Netmeeting dapat menghubungi orang lain yang menggunakan telepon seluler maupun telepon rumah/konvensional.


Sebelum kita membahas proses kerja komunikasi Netmeeting alangkah baiknya kita perlu mengetahui apa sebenarnya gatekeepergatekeeper adalah suatu alat/software yang berisi database pemetaan IP dengan no telepon analog. Gatekeeper ini bertugas melakukan pemetaan terhadap semua informasi dari user yang aktif misalnya Nomor IP komputer user, id kontak name, nomor dial, dan segala aktivitasnya (dihubungi/menghubungi atau sedang melakukan hubungan komunikasi ).

Prinsip kerja Netmeeting hampir sama seperti telepon tradisional. Setiap user Netmeeting diberikan nomor dial yang sudah standar dan id kontak name yang setiap usernya berbeda-beda agar tidak terjadi salah panggil atau tabrakan. Misal user 1 dengan nomor dial : 65101010  id kontak : iwan. Sedangkan user 2 dengan nomor dial : 65101111   id kontak : wida.

Pada awalnya user harus mendaftar dulu ke gatekeeper caranya  dengan melakukan log-on setiap kali memulai aplikasi Netmeeting dan ini bisa difungsikan secara automatis. Gatekeeper mencatat IP, nomor dial, dan id kontak  dari setiap user yang telah log-on. Selanjutnya user siap melakukan koneksi komunikasi, baik itu di panggil atau memanggil user lain.

Sebagai contoh wida ingin menghubungi si iwan maka wida cukup mengetikkan nomor dial si iwan atau dengan menggunakan id kontak si iwan tidak dengan IP karena sangat sulit diingat dan dapat berubah-ubah konfigurasinya (Dynamic Host Configuration Protocol). Permintaan koneksi komunikasi ini selanjutnya akan diterima oleh gatekeeper kemudian gatekeeper mencari di daftar user yang sudah terdaftar jika ketemu maka gatekeeper akan menghubungi IP dari komputer user yang dipanggil. Selama koneksi antara user 1 dengan user 2 berlangsung gatekeeper akan menjaga status koneksi ini. Sehingga user yang telah mengadakan hubungan tidak bisa dipanggil oleh user lain.

3. Perangkat Keras/Perangkat Lunak apa saja yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi netmeeting ?
Pada sisi pengguna ( user ): dibutuhkan Terminal berupa sebuah PC dengan spesifikasi minimal processor  Pentium II, Micropon, speaker, camera dan sudah pasti terhubung ke jaringan komputer baik LAN, WAN maupun Internet. Perangkat lunaknya antara lain minimal Software windows98 serta aplikasi netmeeting.Pada sisi Administrator dibutuhkan komputer server/Gateway minimal Processor Pentium III. Sedangkan Perangkat lunaknya dibutuhkan sistem operasi windows98 atau lebih. Bisa juga sistem operasi Linux.

Tak kalah pentingnya adalah Gatekeeper yang berfungsi sebagai jantung dari sistem VOIP dan  kemudian ditambah lagi dengan beberapa aplikasi pendukung seperti hyper terminal. Atau dapat saja kita menggunakan Perangkat keras ( Cisco VoIP GW )  yang berfungsi sebagai decoder . Yang terakhir adalah  MCU digunakan untuk layanan konferensi tiga terminal H.323 atau lebih. Semua terminal yang ingin berpartisipasi dalam konferensi dapat membangun hubungan dengan MCU yang mengatur bahan-bahan untuk konferensi, negosiasi antara terminal-terminal untuk memastikan audio atau video coder/decoder (CODEC). 

Di bawah ini setting yang diperlukan untuk menggunakan Netmeeting untuk VoIP
bagi end-user di Universitas Pendidikan Indonesia.


** Setting Netmeeting untuk Sistem Operasi Windows 2000 / 98 **

1. Install Netmeeting di mesin Windows 98/ atau Windows 2000 anda.
       
 Notes; untuk sistem Operasi Windows 2000, Aplikasi Netmeeting
sudah terinstall secara Default,

 untuk menjalankannya,.
        start --> run --> ketik conf --> click OK. Seperti gambar di bawah ini


2. Setting Netmeeting menggunakan GateKeeper di Universitas Lampung.                 

                       
2.1. click Tools --> Options



Gambar 1. Setting options
                                               
 
2.2 Pada Jendela Options, set identitas Anda seperti contoh di bawah ini:                         

Gambar 2. Mengisi Identitas Diri
2.3 Click Advanced Calling...

Pada Jendela Advanced Calling Options, yang perlu di set adalah :
1. IP GateKeeper, isikan IP Gatekeeper pada IP 192.168.1.215
2. Isikan Phone Number anda sesuai dengan Pengaturan nomor VoIP
Gambar 4. Mengisi IP Gateway GateKeeper dan Nomor Telepon Anda.

2.4. Click OK.
                         
               
Gambar 5. NetMeeting dalam keadaan Standby ( Not In a Call)

3. Melakukan Panggilan ke seseorang.

Jika kita ingin melakukan panggilan (CALL) ke seseorang, langkah-langkahnya  adalah:

3.1 kita mengetahui nomor VoIP orang tersebut.
contoh, saya ingin menelpon user dengan nomor VoIP 0111721787127

3.2 isikan nomor VoIP tujuan pada kolom Nomor di Netmeeting.

3.3. Click icon CALL.


Gambar 6. Mengisikan nomor Telepon VoIP dan melakukan Calling




Gambar 7. Menunggu Respon/ Receive dari seseorang yang kita hubungi



Gambar 8. Mendapat Panggilan dari user VoIP


Gambar 9. User yang sedang melakukan Koneksi/ hubungan VoIP

No comments:

Post a Comment