Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Wednesday 14 March 2012

RPP KKPI Berkarakter Kelas XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :   SMK  ...............
Mata Pelajaran             :   KKPI
Kelas / Semester          :   XII / Gasal
Standar Kompetensi     :   Mengoperasikan PC dalam jaringan
Kompetensi                :   Mengoperasikan personal computer yang tersambung jaringan dengan sistem operasi berbasis GUI
Alokasi waktu              :   8 x 45 menit ( 4 pertemuan)
Pertemuan Ke              :   4 - 7
Indikator                    :   1.     Pengertian dan manfaat sharing device dijelaskan dengan benar.
                                    2.    Protokol sharing dijelaskan secara singkat dan jelas
                          3.    Sharing folder, hard disk, CD ROM dan printer dilakukan sampai teridentifikasi
                                    4.    Proses copy file dan folder dilakukan sesuai prosedur yang berlaku
6.     Pemutusan koneksi jaringan sebelum personal computer shutting down sesuai dengan SOP
                                               
I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
1.       Menjelaskan pengertian dan manfaat  sharing device dengan benar.
2.       Menjelaskan protokol sharing secara singkat dan jelas.
3.       Melakukan sharing folder, hard disk, CD ROM dan printer.
4.       Melakukan copy file dan folder sesuai prosedur yang berlaku.
5.       Memutuskan koneksi jaringan sebelum personal computer shutting down sesuai dengan standar operasi prosedur.

 II.     Materi Pembelajaran
1.       Pengertian dan manfaat sharing device
2.       Protokol sharing
3.       Sharing file, hard disk, CD ROM  dan printer
4.       Langkah-langkah mengcopy file dan folder
5.       Sharing printer
6.       Pemutusan koneksi jaringan
Materi selengkapnya terlampir


 III.    Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Penugasan
3.    Tanya Jawab
4.    Peragaan (demonstrasi)
5.    Praktikum di Lab. Komputer

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan keempat  (2 x 45 menit)
a.     Kegiatan Awal
1.  Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa bahwa  kedisiplinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2.  Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang terkait pengoperasian jaringan komputer dengan sistem operasi berbasis GUI.
3.  Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.  Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi (silabi) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian kegiatan dari masing – masing materi.
b.    Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.  Mempersilahkan siswa untuk membuka buku paket KKPI Kelas XII pada halaman yang berisi materi tentang pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
2.  Membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (5 orang) dalam mencari informasi tentang pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device yang bersumber dari buku paket, internet maupun modul guru yang ditampilkan pada LCD/monitor.

ELABORASI
1.  Memandu dan mengarahkan masing – masing ketua kelompok siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
2.  Memberikan kesempatan kepada seluruh kelompok siswa agar dapat merumuskan kalimat yang baku tentang pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
3.  Memotivasi agar salah seorang siswa maju ke depan kelas sebagai mediator dari seluruh siswa. 
4.  Memandu dan mengarahkan seorang  wakil dari seluruh kelompok siswa agar maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan menuliskan pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device pada whiteboard.
5.  Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
6.  Mempersilahkan seluruh siswa untuk menggali secara lebih dalam lagi materi tentang pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device dari media internet.

KONFIRMASI
1.  Memotivasi  siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat menjelaskan pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
2.  Menegaskan dan menjelaskan kembali pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device melalui layar LCD maupun monitor yang digunakan oleh siswa.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari.
4.  Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium baik secara langsung maupun dengan menggunakan program netop school.

c.    Kegiatan Akhir
1.  Menyimpulkan materi tentang pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
2.   Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan pengertian sharing device, protokol sharing device serta manfaat dan kelemahan sharing device.
3.  Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4.  Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari materi tentang langkah operasional melakukan  sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
5.  Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan  laboratorium.
Pertemuan kelima ( 2 x 45 menit)
a.     Kegiatan Awal
1.  Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa bahwa  kedisiplinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2.  Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang terkait dengan langkah operasional melakukan sharing folder, program, dan CD Room cara berkomunikasi data melalui jaringan.
3.  Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.  Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi (silabi) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian kegiatan dari masing – masing materi.
b.    Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.  Mempersilahkan siswa untuk membuka buku paket KKPI Kelas XII pada halaman yang berisi materi tentang langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
2.  Membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (5 orang) dalam mencari informasi tentang langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan yang bersumber dari buku paket, internet maupun modul guru yang ditampilkan pada LCD/monitor.

ELABORASI
1.  Memandu dan mengarahkan masing – masing ketua kelompok siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
2.  Memberikan kesempatan kepada seluruh kelompok siswa agar dapat merumuskan kalimat yang baku tentang langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
3.  Memotivasi agar salah seorang siswa maju ke depan kelas sebagai mediator dari seluruh siswa. 
4.  Memandu dan mengarahkan seorang  wakil dari seluruh kelompok siswa agar maju ke depan kelas untuk menuliskan langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
5.  Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
6.  Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik sharing folder, program, dan CD Room serta cara berkomunikasi data ,elalui jaringan sesuai dengan jobsheet yang telah dibagikan sebelumnya.

KONFIRMASI
1.  Memotivasi  siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat menjelaskan langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
2.  Menegaskan dan menjelaskan serta  mendemonstrasikan langkah operasional melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan melalui layar LCD maupun monitor yang digunakan oleh siswa.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari.
4.  Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium baik secara langsung maupun dengan menggunakan program netop school.

c.    Kegiatan Akhir
1.  Menyimpulkan materi tentang langkah operasional  melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
2.   Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan langkah operasional  melakukan sharing folder, program, CD Room dan cara berkomunikasi data melalui jaringan.
3.  Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4.  Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari materi tentang langkah operasional  mengakses folder, program, CD Room yang telah disharing dan melakukan komunikasi data melalui jaringan.
5.  Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan  laboratorium.

Pertemuan keenam (2 x 45 menit)
a.       Kegiatan Awal
1.  Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa bahwa  kedisiplinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2.  Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang terkait dengan cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
3.  Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.  Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi (silabi) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian kegiatan dari masing – masing materi.
b.    Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.  Mempersilahkan siswa untuk membuka buku paket KKPI Kelas XII pada halaman yang berisi materi tentang cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
2.  Membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (5 orang) dalam mencari informasi tentang cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan yang bersumber dari buku paket, internet maupun modul guru yang ditampilkan pada LCD/monitor.

ELABORASI
1.  Memandu dan mengarahkan masing – masing ketua kelompok siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
2.  Memberikan kesempatan kepada seluruh kelompok siswa agar dapat merumuskan kalimat yang baku tentang cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
3.  Memotivasi agar salah seorang siswa maju ke depan kelas sebagai mediator dari seluruh siswa. 
4.  Memandu dan mengarahkan seorang  wakil dari seluruh kelompok siswa agar maju ke depan kelas untuk menuliskan cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
5.  Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
6.  Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik copy file, folder, instalasi program serta berkomunikasi data melalui jaringan sesuai dengan jobsheet yang telah dibagikan sebelumnya.

KONFIRMASI
1.  Memotivasi  siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat menjelaskan cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
2.  Menegaskan dan menjelaskan serta mendemonstrasikan cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan melalui jaringan melalui layar LCD maupun monitor yang digunakan oleh siswa.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari.
4.  Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium baik secara langsung maupun dengan menggunakan program netop school.

c.    Kegiatan Akhir
1.  Menyimpulkan materi tentang cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
2.   Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan cara mengakses folder, program, dan CD Room yang telah disharing (copy file, folder dll) serta melakukan komunikasi data melalui jaringan.
3.  Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4.  Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari materi tentang langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
5.  Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan  laboratorium.
Pertemuan ketujuh (2 x 45 menit)
a.     Kegiatan Awal
1.  Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa serta memotivasi siswa bahwa  kedisiplinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2.   Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang terkait dengan langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
3.  Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.  Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi (silabi) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian kegiatan dari masing – masing materi.
b.    Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.  Mempersilahkan siswa untuk membuka buku paket KKPI Kelas XII pada halaman yang berisi materi tentang langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
2.  Membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (5 orang) dalam mencari informasi tentang langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown yang bersumber dari buku paket, internet maupun modul guru yang ditampilkan pada LCD/monitor.

ELABORASI
1.  Memandu dan mengarahkan masing – masing ketua kelompok siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
2.  Memberikan kesempatan kepada seluruh kelompok siswa agar dapat merumuskan kalimat yang baku tentang langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
3.  Memotivasi agar salah seorang siswa maju ke depan kelas sebagai mediator dari seluruh siswa. 
4.  Memandu dan mengarahkan seorang  wakil dari seluruh kelompok siswa agar maju ke depan kelas untuk menuliskan langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
5.  Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat hasil rumusan bersama mengenai langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
6.  Mempersilahkan seluruh siswa untuk melakukan praktik sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown sesuai dengan jobsheet yang telah dibagikan sebelumnya.

KONFIRMASI
1.  Memotivasi  siswa dengan memberikan penguatan bahwa setiap siswa harus dapat menjelaskan langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
2.  Menegaskan dan menjelaskan serta mendemonstrasikan cara sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown melalui jaringan melalui layar LCD maupun monitor yang digunakan oleh siswa.
3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah dipelajari.
4.  Mengawasi, mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium baik secara langsung maupun dengan menggunakan program netop school.
c.    Kegiatan Akhir
1.  Menyimpulkan materi tentang langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
2.   Bertanya pada siswa dengan teknik Random sampling (acak) untuk menjelaskan langkah operasional  sharing printer, mencetak melalui jaringan serta memutuskan koneksi sebelum komputer di shutdown.
3.  Memberi tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan materi yang telah dipelajari dan dikerjakan di rumah.
4.  Menginformasikan kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari materi tentang mengoperasikan web browser.
5.  Mengucapkan salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan  laboratorium.

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar

A.    Alat
1.    Personal Computer
2.    Lan Card
3.    Kabel jaringan
4.    Konektor RJ 45
5.    HUB
6.    LCD Proyektor
7.    Printer

B.    Bahan
1.    Kertas

C.    Sumber Belajar
1.    T. Adi Wijaya dan Anjrah Mintana, 2008, Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK dan MAK Kelas XII  . Erlangga Jakarta. halaman 1 sampai dengan halaman 33
2.    Rudi Hidayat dkk, 2005.Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA untuk kelas XII. Erlangga Jakarta. Halaman 1 sampai dengan 27
3.    Job sheet (Lembar Kerja Siswa)
4.   Modul Mengoperasikan Jaringan Komputer
5.   Internet (http://www.ilmukomputer.com)

VI.     Penilaian

A.    Teknik Penilaian
1.    Test praktik
2.    Test tertulis

B.    Bentuk Penilaian
1.    Pengamatan
2.    Pilihan Ganda
3.    Uraian Terbatas


C.    Instrumen Penilaian
Naskah soal dan kunci jawaban terlampir

D.   Kriteria Penilaian
a.    Aspek Yang Dinilai
1.    Test Praktik

No
Aspek yang dinilai
Skor Maksimum
1.
2.
3.
Persiapan
Pelaksanaan
Pengakhiran
10
75
15
Total nilai
100

Kriteria penilaian praktik secara rinci terlampir
2.    Test Tertulis
No
Aspek yang dinilai
Skor Maksimum
1.
2.

Pilihan Ganda
Uraian Terbatas

40
60
Total nilai
100
Kriteria penilaian test tertulis  secara rinci terlampir

b.    Perhitungan Nilai
1.    Test Praktik
Nilai perolehan siswa

2.    Test Tertulis
(Nilai perolehan pilihan ganda + nilai perolehan uraian terbatas)

3.    Nilai Akhir
(Nilai perolehan praktik x 60%) + (Nilai perolehan tertulis x 40%)




   Rembang,      Juli 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                  Guru Mata Pelajaran


....................                                                    ...........................


No comments:

Post a Comment