Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Saturday 30 November 2013

Cara Menghemat Bahan Bakar

Berikut ini Cara Menghemat Bahan Bakar yang semoga berguna dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). BBM masih menjadi kebutuhan utama bagi pemilik kendaraan bermotor. Dan, memang saat ini belum ada pengganti minyak yang layak untuk bahan bakar.
Cara Menghemat Bahan Bakar

Padahal semakin banyak penggunaan bahan bakar, makin besar pula biaya yang dikeluarkan. Untuk itu, pengemudi perlu membiasakan diri dengan cara mengemudi yang baik dan benar, agar kendaraan bekerja lebih efisien dan hemat bahan bakar. Berikut ini detail Cara Menghemat Bahan Bakar :
1. Laju Kendaraan
Dalam situs "driving test success" menjelaskan bahwa pengemudi perlu menjaga kestabilan kecepatan dengan menggunakan gigi tertinggi. Kecepatan paling efisien berkisar antara 45-50 mile per hour (mph) atau setara dengan 70 hingga 80 km/jam.
Mengemudi di atas kecepatan tersebut dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pada kecepatan 70 mph membutuhkan bahan bakar 9% lebih banyak dari pada mengemudi di kecepatan 60 mph atau 15% lebihnya bila dibanding laju kendaraan pada kecepatan 50 mph. Kendaraan yang sering melaju berkecepatan tinggi disertai pengereman yang tajam akan berdampak pada pemborosan bahan bakar.
2. Tekanan Ban
Tekanan angin ban juga perlu jadi perhatian. Pemeriksaan tekanan ban secara teratur untuk memastikan ukuran tetap pada semestinya. Karena, penurunan tekanan ban akan meningkatkan penggunaan bahan bakar sekitar 3%. Ini disebabkan ban yang kempes membuat mesin lebih banyak membakar gas untuk kendaraan terus bergerak. Selain itu, beban kendaraan yang terlalu berat juga menimbulkan dampak yang sama. Mesin akan bekerja ekstra keras sehingga memerlukan bahan bakar minyak yang lebih banyak.
3. Saringan Udara
Agar mobil tetap prima, kondisi udara yang masuk ke ruang bakar harus bersih. Karenanya, saringan udaranya harus rutin diperiksa. Saringan udara yang kotor dapat membatasi aliran udara ke dalam mesin serta memperburuk kinerjanya. Bersihkan saringan udara dari kotoran dan debu yang menempel agar tidak memperberat kerja mesin.
4. Rute Perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya direncanakan rute yang akan ditempuh dengan baik. Pilihan rute yang aman dari kemacetan dinilai tepat. Karena, kendaraan yang berhenti terlalu lama dalam jalur macet memungkinkan penggunaan bahan bakar lebih banyak. Namun, bila kondisi tersebut tak bisa dihindari, sebaiknya matikan mesin untuk menghentikan pembakaran.
5. Penggunaan Fasilitas
Pada kendaraan bermotor, khususnya mobil yang dilengkapi beragam fasilitas seperti AC, televisi, dan pemutar musik, ada baiknya diminimalisir penggunaannya. Dengan mematikan perlengkapan tersebut otomatis penggunaan bahan bakar akan berkurang. Sebab AC mobil meningkatkan penggunaan bahan bakar 13%- 21% lebih banyak.
6. Jenis Kendaraan
Usaha menghemat bahan bakar dapat pula dengan pemilihan kendaraan. Mobil atau motor yang irit bahan bakar layak dipilih. Saat ini mobil-mobil keluaran baru umumnya sudah lebih irit dibanding mobil yang dibuat 10 tahun lalu. Kendaraan ini umumnya memiliki desain aerodinamis. Desain ini memungkinkan angin di atas kendaraan bergerak lancar. Maka, meminimalisir menghambat aliran angin, sebaiknya benda-benda atau rak di atas mobil dilepas.
Itulah tadi informasi terbaru tentang  Cara Menghemat Bahan Bakar semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment