Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Wednesday 14 May 2014

Mencari Weton dan Hari Lahir dengan Microsoft Excel

Kemampuan Excel dalam itung-itungan sudah tidak diragukan lagi(paling tidak menurut saya). Suatu hari saya dimintai tolong untuk mencarikan hari lahir putera sahabat saya. lalu saya coba menggunakan excel.
Rumus yang saya buat saat itu bisa mencari hari lahir hari pasaran (Jawa) neptu dino, pernahing jaya, wataking dino lan liyo-liyane. Hasil rumus ini juga bisa digunakan sebagai petungan selaki rabi. Namun disini saya buwat hanya mencari hari saja, karena beberapa murid saya menanyakan. Saya berjani jawaban saya posting.
yang perlu disiapkan tentu hanya sedikit kemampuan mengoperasikan excel.Persiapan yang njlimet seperti bubur abang-putih, puasa ngebleng, mandi tujuh sumur, dan kemenyan tidak diperlukan. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. aktifkan excel ( jangan lupa berdoa dulu)
2. pada sel A1 SAMPAI A7 ketik 0,1,2,3,4,5,6
3. pada sel B1 sampai B7 ketik  SABTU,MINGGU, SENIN, SELAS, RABU, KAMIS, JUMAT
4. pada sel C1 sampai C5 ketik : KLIWON. LEGI, PAHING, PON, WAGE
5. Susunannya seperti
0       SABTU                  KLIWON
1        MINGGU             LEGI
2        SENIN                  PAHING
3        SELASA              PON
4        RABU                  WAGE
5        KAMIS
6        JUMAT
6. Blok sel A1 sampai C7 : klik menu Insert – Name – Define – ketik HARI – OK ( langkah ini mendefinisikan range) Cara mudah langkah ini adalah dengan klik bagian NAMEBOX- ketikHARI - enter
7. pada sel E1 ketik Tanggal. sel F1 ketik Hari, sel G1 ketik PASARAN
8. Ses E2 tempat mengisikan tanggal yang dicari (penulisan tanggal harus mnyesuaikan seting di kompi)
9.Sel F2 rumus mencari hari =VLOOKUP(MOD(E2,7),HARI,2) lalu enter
10 Sel G2 rumus mencari pasaran =VLOOKUP(MOD(E2,5),HARI,3) lalu enter
Pasa seting regional kompi jika telah diubah menjadi Indonesia, maka tanda koma diganti titik koma
kalau mau contoh jadi bisa unduh di sini atau langsung file excel ramalan hari lahir

No comments:

Post a Comment