Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Tuesday, 18 October 2011

RPP FIQIH MTs Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VIII / 1
Alokasi Waktu                  :  4 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan tata cara Sujud diluar shalat                       
B.   Kompetensi Dasar
1.1       Menjelaskan ketentuan Sujud syukur dan tilawah
C.   Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
§  Siswa dapat menyebutkan tata cara Sujud syukur
§  Siswa dapat menyebutkan do’a Sujud syukur
D.   Materi Pembelajaran
§  Sujud syukur
E.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.

§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi Sujud syukur dan tilawah
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang Sujud syukur dan tilawah.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan Sujud syukur dan tilawah dan tatacaranya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan Sujud syukur dan tilawah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian Sujud syukur dan tilawah (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi Sujud syukur dan tilawah.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian Sujud syukur dan tilawah untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.   Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Al Qur’an terjemahan dan hadits
§  Buku  acuan Paket Fikih Depag
§  Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang Sujud syukur
H.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya
§  Siswa dapat  menjelaskan sebab-sebab Sujud syukur
§  Siswa dapat  mempraktekkan Sujud syukur
Tes tulis

Tes tulis

Performan  
Uraian

Uraian
§  Jelaskan pengertian Sujud syukur dan dalilnya!
§  Jelaskan sebab-sebab Sujud Syukur!


Mengetahui
Kepala Madrasah





...............................


..............., .............................
Guru Bidang Studi Fiqih





...............................................



Butuh selengkapnya dapat menghubungi via sms 081553443171

No comments:

Post a Comment