RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMA/ MA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator Pencapaian Kompetensi: Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mendeskripsikan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya
- Menghitung satuan ukuran jarak di Jagat Raya
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B. Materi Pembelajaran
- Satuan Jarak di Jagat Raya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, kuis
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami sejarah pembentukan bumi | · Membaca buku dan menghitung jarak benda-benda langit di Jagat Raya dengan menggunakan satuan ukuran jarak di Jagat Raya | · Siswa dapat Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya |
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru menjelaskan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya secara garis besar (hal 19 - 20). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Tanya jawab mengenai macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Guru memberikan tugas individu untuk menghitung satuan jarak di Jagat Raya (Kuis Cepat Tepat). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Penugasan: mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Jagat Raya (hal 28 – 29). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F. Penilaian
- Penilaian untuk kuis Cepat Tepat diberikan nilai 10 untuk setiap jawaban yang betul, nilai 5 untuk siswa yang berani mengerjakan di papan tulis namun jawabannya salah.
Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 2. Jagat Raya
I. Pilihan Ganda
- b
- b
- a
- d
- d
- a
- b
- a
- c
- c
II. Essai
- Pandangan astronom modern mengenai Jagat Raya adalah bahwa Jagat Raya tidak statis, melainkan terus berkembang. Seluruh isi Jagat Raya terbukti berasal dari titik, merupakan cikal bakal yang dikenal Teori Big Bang.
- Para astronom telah mengelompokkan spektrum bintang berdasarkan kemiripan susunan garis yang dinyatakan dalam simbol-simbol kelas spektrum sebagai berikut: O, B, A, F, G, K, dan M. Untuk mempermudah mengingat susunan spektrum tersebut para astronom menggunakan ungkapan “Oh, Be A Fine Girl; Kiss Me”.
- d = 1 / p = 1 / 0,35 = 2,8571 parsec
» 2,8571 parsec x 3,26 tc = 9,31 tc
» 2,8571 parsec x 206.265 au = 589.328,57 au
- Gambar perkembangan galaksi?
- Dari 88 buah rasi bintang yang terdapat di bola langit, terdapat 12 buah rasi bintang yang sangat terkenal yag berada di daerah sekitar ekliptika yang dinamakan “ZODIAK”, yang berarti “binatang”. Rasi-rasi Zodiak dilewati Matahari selama kira-kira satu bulan. Matahari bergeser secara perlahan-lahan melalui gugusan bintang-bintang zodiak. Kedua belas kelompok bintang yang berada di daerah Zodiak adalah Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, dan Capricornus.
Gambar
III. Soal Terapan
1. Bukan. Matahari adalah sebuah bintang sedangkan bulan adalah benda langit yang disebut satelit. Adanya perputaran bumi pada porosnya (rotasi) mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Pada siang hari tampak matahari, karena cahaya matahari lebih kuat dibanding bulan, sehingga bulan tidak tampak.
2. Terletak jauh dari bumi (jarak bumi ke bintang relatif jauh dalam satu satuan cahaya).
3. Menggunakan letak bintang sebagai patokan dasar dalam berlayar.
IV. Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang fenomena geosfer | | | | |
Pemahaman tentang materi | | | | |
Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, Kepala SMA/MA, ................................. | | ................................., Juli 2011 Guru Mapel Geografi ................................... |
No comments:
Post a Comment