Bagi Anda yang ingin pesan RPP, Silabus, Prota, Promes mulai SD, SMP/MTs dan SMA Berkarakter, Skripsi PAI. Silahkan SMS ke 081553443171, email : didiksz@yahoo.com

Thursday, 4 October 2012

RPP Bahasa Arab MA Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     ............................
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi Dasar:
      BERBICARA
2.1     Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2     Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

I.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


II. Materi Pembelajaran:

Dialog tentang:
a) Perkenalan , misalnya :
مصطفى :السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة       
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله؟
(انظر اللغة العربية لقسم الأجنبية ص 1)
b) Hubungan dengan Tetangga
هل للجار حقوق يجب أن نحترمها يا أستاذ؟
نعم، للجار حقوق وعليه واجبات
وما هي يا أستاذ؟
وهي كثيرة، منها:
عيادته إذا مرض
تشييع جنازته إذا مات
تهنيئه إذا نجح ... إلخ


III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
·    


2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
·   Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
·   Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·   5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
·   Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
·   Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
·   Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);



V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·   Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks


Tugas Kelompok

Bermain Peran

Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah ..!


KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Heri Darmawan
20
20
20
25
85
2
Roby
20
10
20
25
75
3
Joni
25
20
10
30
85








  

Mengetahui                                                  .............,  ......   ................   ...........
Kepala MA...                                                 Guru Mapel Bahasa Arab



..............................                                          ............................
NIP ......................                                          NIP .....................