Bagi Anda yang ingin pesan RPP, Silabus, Prota, Promes mulai SD, SMP/MTs dan SMA Berkarakter, Skripsi PAI. Silahkan SMS ke 081553443171, email : didiksz@yahoo.com

Monday, 8 October 2012

RPP Fiqih Madrasah Aliyah Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan       :   ___________________________
Kelas / Semester          :   X / Ganjil
Mata pelajaran              :   Fiqih
Standar kompetensi    :   4            Memahami hikmah qurban dan aqiqah.
Kompetensi Dasar       :   4.4      Menerapkan cara pelaksanaan qurban.
Alokasi Waktu               :   1 jam pelajaran ( 1 x 45 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
§  Siswa mampu :
§  Menjelaskan pengertian tentang Penerapan aqiqah.
§  Menyiapkan peralatan untuk mendemonstrasikan aqiqah
§  Mendiskusikan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.

Nilai Karakter bangsa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri

B. Materi Ajar :
Penerapan aqiqah.

C. Metode :
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi kelompok
§  Pemberian Tugas
§  Pengamatan

 
D. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan

1.    Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basma-
lah serta mengecek siswa yang tidak masuk.
o   Memberikan apersepsi/ materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.
o   Menyampaikan kompetensi  dari materi  yang akan diajarkan
o   Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2.    Kegiatan inti
Eksplorasi
o   Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian tentang Penerapan aqiqah.
o   Siswa membuka Al-Qur’an untuk mencari  dalil yang berkaitan dengan materi (eksplorasi)
Elaborasi
o   Siswa ditunjukkan dalil nakli tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.
o   Siswa memabaca dalil nakli yang berkaitan dengan materi/yaitu tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.
o   Guru menunjuk siswa lain untuk menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.
Konfirmasi
o   Guru bertanya kepada siswa tentang menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban dan hikmahnya.
o   Siswa mengidentifikasi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.


Pemahaman Konsep











3.    Kegiatan penutup.
o   Mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.
o   Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan.
o   Guru menugaskan keada siswa mencari dail nakli yang berhubungan dengan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging aqiqah.
o   Menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah




E. Sumber Belajar :
§  Internet dan Intranet
§  Buku paket Penidikan Agama Islam kelas X
§  Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
§  LKS Fiqih
§  LCD
§  Al-Qur’an dan terjemahannya
§  Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mempraktekkan pelaksanaan qurban
Tes tertulis
Isian
Ø  Praktekkan pelaksanaan qurban ?
Ø  Mengorganisir pelaksanaan aqiqah
Tes tertulis
Jawab Singkat
Ø  Jelaskan pelaksanaan aqiqah ?



                                                                                                ..............., ................ 20.....
Mengetahui,   
Kepala Madrasah                                                               Guru Mapel Fiqih



______________________                                               ______________________
NIP.                                                                                        NIP.