Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Sunday 4 August 2013

RPP Bahasa Jawa SMA Berkarakter (EEK)

Mata Pelajaran
:
Bahasa Jawa
Kelas/Program/ Semester
:
XII / RPL / 1
Pertemuan ke-
:
1
Alokasi Waktu
:
4 X 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

Kompetensi Dasar
:
1.1 Mendengarkan sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman

Indikator
:
·         Menyebutkan jenis-jenis sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa
·         Menemukan kata-kata sulit dalam sambutan upacara adat pengantin jawa yang didengarkan
·         Mengartikan secara lisan kata-kata sulit yang ditemukan dalam sambutan upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan
·         Menemukan isi sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan
·         Kerja keras Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan
·         Menanggapi secara lisan menggunakan bahasa jawa ragam krama isi sambutan dalam upacara

adat pengantin Jawa yang didengarkan

A.           Tujuan Pembelajaran

·                     Peserta didik Menyebutkan jenis-jenis sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa
·      Peserta didik Menemukan kata-kata sulit dalam sambutan upacara adat pengantin jawa yang didengarkan
·      Peserta didik Mengartikan secara lisan kata-kata sulit yang ditemukan dalam sambutan upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan
·      Peserta didik Menemukan isi sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan
·      Peserta didik Kerja keras Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan
·      Peserta didik Menanggapi secara lisan menggunakan bahasa jawa ragam krama isi sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang didengarkan

B.            Materi Ajar

            Sambutan upacara  adat pengantin Jawa.
            Tembung mantu bisa ditegesi duwe gawe ngomah-omahake anak, lumrahe anak wadon. Dimantu tegese diomah-omahake utawa dipalakramakake. Diarani diomah-omahake amarga mantu iku nyawijekake anak wadon lan pawongan lanang supaya manggon ing sawijine omah. Diarani palakrama, dumadi saka tembung wong kram kang tegese mlangkah. Dadi tembung palakrama mengku teges mlangkah tumuju menyang madyaning bebrayan anyar supaya bisa awoh kabagyan, kamulyan, lan katurunan. Mula saka iku, jaman biyen ing upacara majemuk utawa dhaup nganggo acara nglangkahi pasangan sapi utawa kebo.
            Upacara adat penganten Jawa jaman biyen, wiwit saka ndhodhog kori nganti tekan ngundhuh mantu kabeh ditata. Amarga kabeh sarwa ditata, mula saben acara ana acara sesorah. Sesorah kang magepokan karo adat mantu iku cacahe akeh banget, yaiku:
1.      Atur nalika ndhodhog kori (nembung), biasane ora diwara-warakake
2.      Atur pasrah paningset lan atur panampa pasrah banyu siraman
3.      Atur pasrah banyu siraman lan atur panampa pasrah banyu siraman
4.      Atur pasrah calon penganten lanang ing acara midodareni lan atur panampane
5.      Atur pamitan ing acara midodareni lan atur waluyane
6.      Atur pasrah calon penganten lanang nalika arep ijab lan atur panampane
7.      Atur pasrah calon penganten lanang nalika arep majemuk/temu lan atur panampane
8.      Atur pasrah penganten sarimbit nalika ngundhuh mantu (sepasaran) lan atur panampane
9.      Atur pambagyaharja ing acara siraman, midodaren, majemuk, utawa ing pahargyan, lsp

C.           Metode Pembelajaran
Tanya jawab; Inkuiri; Diskusi; Belajar dalam kelompok; dan Penugasan




D.           Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu

1.





2.


































3.

Kegiatan Pendahuluan
Motivasi:
1.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang sambutan
2.      Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat mendengarkan sambutan

Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·      Untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, Peserta didik berkelompok dan menyimak sambutan
·      Guru membimbing peserta didik untuk mengidentifikasi pokok isi sambutan
  • Secara berkelompok, peserta didik menemukan kata-kata sulit  dari sambutan yang didengarkan
  • Peserta didik secara kritis menemukan  isi sambutan upacara manten

2.2    Elaborasi
  • Peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis-jenis sambutan  upacara pengantin Jawa
  • Setiap kelompok melakukan diskusi, menerima pendapat secara terbuka, demokratis dan toleransi dengan kelompok lain
  • Secara berkelompok, peserta didik mengartikan kata-kata sulit dalam sambutan upacara adat pengantin Jawa
  • Setiap kelompok mengidentifikasi persamaan dan perbedaan sambutan upacara adat pengantin Jawa
  • Secara berkelompok, peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi sambutan yang didengar dengan bahasa yang komunikatif
  • Peserta didik meringkas isi sambutan dalam beberapa kalimat
  • Peserta didik menyampaikan ringkasan secara lisan
2.3    Konfirmasi
·      Guru memberikan umpan balik positif atas hasil diskusi dan tanggapan peserta didik mengenai sambutan
·      Guru melakukan pengamatan atas kinerja peserta didik
·      Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa mendengarkan sambutan  dengan baik.
·      Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif

Kegiatan Penutup

·       Guru meminta siswa secara mandiri untuk menyampaikan secara lisan isi sambutan yang didengar
1.1    Penugasan Terstruktur
·       Guru memberi tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi mendengarkan sambutan

1.2    Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur
·       Guru memberi tugas untuk mendengarkan sambutan pada suatu acara baik secara langsung/melalui media elektronik

10





150



























20





E.           Penilaian Hasil Belajar
Ø  Bentuk instrumen
Butir Penilaian:
1.      Sebutna jenis-jenis sambutan  upacara pengantin Jawa!
2.      Tegesana tembung-tembung ing ngisor iki!
3.      Sebutna isi sambutan kang tembe korungokna!
4.      Sebutna bedane sambutan kang korungokna!
5.      Wenehana panyarwe saka isi sambutan kang tembe korungokna!
Ø  Kunci Jawaban:
1.      Jenis-jenis sambutan upacara manten:
·         Atur nalika ndhodhog kori/ nembung, biasane ora diwara-warakake
·         Atur pasrah peningset lan atur panampa pasrah paningset
·         Atur pasrah banyu siraman lan atur panampa pasrah banyu siraman
·         Atur pasrah calon penganten lanang ing acara midodareni lan atur panampane
·         Atur pamitan ing acara midodareni lan atur waluyane
·         Atur pasrah calon penganten lanang nalika arep ijab lan atur panampane
·         Atur pasrah calon penganten lanang nalika arep majemuk/ temu lan atur panampane
·         Atur pasrah sarimbit nalika ngundhuh mantu/ sepasaran lan atur panampane
·         Atur pambagyaharja ing acara siraman, midodaren, majemuk utawa ing pahargyan, lsp.

2.      Kawicaksanan dwija adhedhasar saka tetembungane
3.      Kawicaksanan dwija
4.      Kawicaksanan dwija
5.      Kawicaksanan dwija
Ø  Skor Penilaian:
No
Aspek Penilaian
Kriteria Ketepatan
Benar
Setengah
Salah
1
Jenis-jenis sambutan  upacara pengantin Jawa
10
5
0
2
Negesi tembung-tembung
20
10
0
3
Isi sambutan
20
10
0
4
Identifikasi bedane sambutan
30
15
0
5
Panyaruwe/ panemu siswa
20
10
0

Total Nilai
100
50


 F.            Media/ Sumber Pembelajaran
·           Buku LKS Basa Jawa Kelas XII

·           Rekaman sambutan

            Rembang,  Juli   2013            
Mengetahui,                                                   
Kepala Sekolah                                                                         Guru  Mata Pelajaran
                                               

................................                                                           ..............................

No comments:

Post a Comment