Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Wednesday, 28 December 2011

RPP Penjas Orkes SMA Berkarakter

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah    : 
Mata Pelajaran    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester    : XI / 2
Pertemuan    : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu    : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi   
7.  Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta  nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
7.3.  Mempraktikkan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Melakukan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.    Perlombaan atletik lari halang rintang 3.000 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

A.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat melakukan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

2.    Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.    Siswa dapat melakukan perlombaan lari halang rintang 3.000 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
    Karakter siswa yang diharapkan  : 
    Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
    Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
    Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan


B.       Materi Pembelajaran
    Atletik (Lari halang rintang 3.000 meter)
1.    Teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.    Variasi dan kombinasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.    Perlombaan lari halang rintang 3.000 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C.      Metode Pembelajaran
1.    Demontrasi
2.    Inclusive (cakupan)
3.    Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.    Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka    Terstruktur    Mandiri
•    Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri    •    Teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan ber-kelompok).
•    Variasi dan kombinasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, me-masuki garis finish) yang dilakukan (per-orangan dan ber-kelompok).
•    Perlombaan atletik lari halang rintang 3.000 meter dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi.    •    Siswa dapat Melakukan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
•    Siswa dapat Melakukan variasi dan kom-binasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (per-orangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
•    Siswa dapat Perlombaan lari halang rintang 3.000 meter dengan meng-gunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
•    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
•    Pemanasan secara umum
•    Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
•    Pemanasan khusus lari jarak menengah dalam bentuk permainan
2.    Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
•    Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
•    Melakukan latihan teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
•    Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
•    Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
•    Perlombaan lari halang rintang 3.000 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
•    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
•    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (15 menit)
•    Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
•    Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
•    Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

Pertemuan 2
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
•    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
•    Pemanasan secara umum
•    Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
2.    Kegiatan Inti (70 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
•    Uji kompetensi lari halang rintang 3.000 meter
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
•    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
•    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
•    Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
•    Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
•    Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

E.       Alat dan Sumber Belajar
1.    Alat Pembelajaran :
•    Lintasan lari
•    Halang rintang/gawang
•    Tali pembatas/kapur
•    Bendera start
•    Peluit

2.    Sumber Pembelajaran :
•    Media cetak
o    Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o    Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o    Buku atletik
•    Media elektronik
o    Audio/video visual teknik dasar atletik
o    Rekaman/cuplikan perlombaan lari halang rintang

F.       Penilaian
1.    Teknik dan Bentuk Penilaian
a.    Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lari halang rintang 3.000, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
•    Contoh penilaian proses teknik dasar lari halang rintang 3.000 meter (Penilaian keterampilan kecabangan)

No    Nama Siswa    Sikap Awal    Gerakan Lari    Finish    Jml    Nilai Proses    Nilai Produk     Nilai Akhir
        1    2    3    4    Σ    1    2    3    4    Σ    1    2    3    4    Σ               
1.                                                                               
2.                                                                               
3.                                                                               
4.                                                                               
5.                                                                               
dsb                                                                               

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
           

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
            Jumlah skor maksimal

•    Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (lari halang rintang 3.000 meter).

Perolehan Nilai    Kriteria Pengskoran    Klasifikasi Nilai
Putera    Puteri       
….. < 14 menit    ….. < 16.00 menit    100%    Sangat Baik
14.01 – 15.00 menit    16.01 – 17.00 menit    90%    Baik
15.01 – 16.00 menit    17.01 – 18.00 menit    80%    Cukup
16.01 – 17.00 menit    18.01 – 19.00 menit    70%    Kurang
…… > 17.00 menit    …… > 19.00 menit    60%    Kurang Sekali

b.    Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No    Nama Siswa    Aspek Sikap Yang Dinilai    Σ    NA
        Kerjasama    Kejujuran    Menghargai    Semangat    Percaya diri    Sportivitas       
        1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3       
1.                                                                                   
2.                                                                                   
3.                                                                                   
4.                                                                                   
5.                                                                                   
dst                                                                                   
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

               Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
          Jumlah skor maksimal

c.    Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar lari halang rintang (3.000 meter) dengan metode resiprokal :

No.    Nama Siswa    Butir-butir Pertanyaan    Σ    NA
        Soal No.1    Soal No.2    Soal No.3    Soal No.4    Soal No.5       
        1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3    1    2    3       
1.                                                                       
2.                                                                       
3.                                                                       
4.                                                                       
5.                                                                       
dst                                                                       

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15
       

          Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

No    Butir Pertanyaan
1.    Sebutkan nomor-nomor yang diperlombakan pada lari halang rintang!
2.    Sebutkan unsur-unsur fisik yang harus dimiliki oleh pelari halang rintang!
3.    Sebutkan istilah lain lari halang rintang!
4.    Jelaskan cara melakukan lari halang rintang!
5.    Jelaskan kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan lari halang rintang!

2.    Rekapitulasi Penilaian

No.    Nama Siswa    Aspek Penilaian    Jumlah    Nilai Akhir    Kriteria
        Psikomotor    Afektif    Kognitif           
1.                           
2.                           
3.                           
4.                           
5.                           
6.                           
7.                           
8.                           
9.                           
10.                           
NIlai Rata-rata                       

        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
           Tiga Aspek Penilaian


Keterangan :
•    Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara        = 91 – 100%
•    Mendapat nilai Baik, jika skor antara            = 80 – 90%
•    Mendapat nilai Cukup, jika skor antara        = 70 – 79%
•    Mendapat nilai Kurang, jika skor antara        = 60 – 69%
•    Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara    = Kurang dari 60%



No comments:

Post a Comment