Bagi Anda yang ingin pesan RPP, Silabus, Prota, Promes mulai SD, SMP/MTs dan SMA Berkarakter, Skripsi PAI. Silahkan SMS ke 081553443171, email : didiksz@yahoo.com

Wednesday, 28 December 2011

RPP Pend Agama Islam SMA Berkarakter Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah    :    SMA/MA .............................
Mata Pelajaran     :     Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester    :     XI / 2
Waktu        : 4 x 45 menit
Aspek        : Aqidah


A.    Standar Kompetensi
8.     Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.

B.    Kompetensi Dasar
8.1       Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2       Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab  Allah

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi    :
Indikator Pencapaian Kompetensi    Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
    Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
    Menjelaskan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
    Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
    Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah
    Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah     Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
    Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
    Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
    Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

    Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
    Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
    Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.    Materi Ajar (Materi Pokok)
    Iman kepada kitab-kitab Allah
    Hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

E.    Metode Pembelajaran:
    Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.    Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
    Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
    Menjelaskan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
    Menunjukkan perilaku iman kepada  kitab-kitab Allah.
    Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
    Mampu menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

G.    Strategi Pembelajaran
Tatap Muka    Terstruktur    Mandiri
    Bertanya jawab tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah        Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.        Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah dalam pembelajaran
    Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal
-    Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-    Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-    Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.



b.    Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-    Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
•    Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah ?
•    Pernahkah kalian membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah ?
•    Siapakah diantara kalian yang mengetahui contoh-contoh perilaku  iman kepada kitab-kitab Allah?
-    Guru menunjuk seorang siswa yang sudah mengetahui contoh-contoh perilaku  iman kepada kitab-kitab Allah.
-    Setelah para siswa selesai membaca tentang pengertian iman kepada kitab-kitab Allah secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca kembali.

Eksplorasi
-    Mendiskusikan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah
-    Mendiskusikan fungsi iman kepada Kitab-kitab Allah.
-    Memberikan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
-    Mendiskusikan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.
-    Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah.

Konfirmasi
-    Dalam pelajaran ini banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti Nabi- nabi penerima wahyu kitab-kitab mengajarkan ketauhidan, keimanan dan muamalah sebagai landasan atau pijakan untuk menjadi dasar hubungan kita kepada Rabb dan Manusia  .

c.    Kegiatan Akhir (Penutup)
-    Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca buku tentang beriman kepada kitab-kitab sebagai penutup materi pembelajaran.
-    Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan beriman kepada kitab-kitab Allah.
-    Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-    Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.    Penilaian
    Tes perbuatan (Performance Individu)
    Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
    Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
    Buku pelajaran PAI SMA kelas 2


Tulislah 4 nama Kitab-kitab Allah dan Nabi-nabi penerimanya  serta sebutkan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Kitab-kitab Allah.




Mengetahui
Kepala Sekolah