Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Wednesday 28 December 2011

RPP TIK SMA Berkarakter Kelas XII Semester 2

RENCANA PELAKSANAAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah    :  SMA/MA  ....
Mata Pelajaran    :  Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )
Kelas/ Semester    :  XII /2
Pertemuan ke    :  1  ( 2 X 45 menit )

1.    Standar Kompetensi   
Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

2.     Kompetensi Dasar
Menggunakan menu ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi

3.    Indikator   
    Menjelaskan manfaat program presentasi

    Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam program presentasi
    Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan

4.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengenali antarmuka perangkat lunak pembuat presentasi dengan mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam program presentasi

5.    Materi  Ajar            : 
Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi
Lingkungan Kerja MS Power Point 2007

Penjelasan :
a.    Office button
Office button terdapat di pojok kiri atas dari lembar kerja MS Power Point 2007. Di dalamnya terdapat menu-menu untuk membuka, menyimpan, menutup dokumen, mencetak dan mem-publish dokumen.
b.    Title bar
Title bar berisi nama dokumen yang telah kita simpan.
c.    Ribbon menu
Di dalam ribbon menu terdapat 7 tab utama,yaitu tab Home, Insert, Design, Animation, Slide Show, Review, dan View. Di dalam setiap tab terdapat berbagai macam operasi dasar yang ada di Power Point, seperti penyuntingan dokumen, penyisipan objek, pengaturan tampilan, tema slide, dan lain-lain.
d.    Slide pane
Slide pane menampilkan slide presentasi dalam ukuran kecil (thumbnail). Pada slide pane ini kita dapat mengatur urutan slide dengan cara drag & drop . Sedangkan outline pane dapat menampilkan outline teks. Kita dapat mengedit teks pada outline pane.
e.    Lembar kerja
Merupakan tempat untuk membuat presentasi.
f.    Notes pane
Merupakan tempat untuk membuat catatan penting pada presentasi kita.

6.    Metode Pembelajaran
    Metode Ceramah Plus (ceramah + diskusi +demonstrasi )

7.    Kegiatan  Pembelajaran
No    Proses Pembelajaran Siswa
I
II
III    Pendahuluan
    Memotivasi peserta didik agar siap mengikuti pelajaran
    Mengingatkan kembali tentang materi E-mail
    Menyampaikan Kompetensi Dasar dan Indikator pembelajaran kepada Siswa
    Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti :
Eksplorasi
    Guru bertanya kepada siswa tentang manfaat program presentasi
    Guru bertanya kepada siswa tentang program presentasi yang mereka kenal dan kuasai

Elaborasi
    Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang fungsi menu dan ikon program presentasi
    Guru meminta beberapa siswa untuk mendefinisikan fungsi menu dan ikon program presentasi

Konfirmasi
    Guru meminta siswa lain untuk menanggapi hasil identifikasi teman mereka
    Guru menjelaskan tentang menu dan ikon program presentasi

Kegiatan Penutup :
    Guru memberikan post test pada siswa

Tugas  Mandiri  Tak Terstruktur :
    Guru memberi tugas secara mandiri kepada siswa untuk membuat daftar menu dan ikon dari program presentasi


8.    Penilaian Hasil Belajar
Tes  Pilihan Ganda
1.    MS Power Point adalah program aplikasi yang digunakan untuk ....
a.    membuat tabel            c. membuat presentasi        e. membuat website
b.    membuat gambar        d. membuat animasi
2.    Lembar kerja dalam Power Point dikenal dengan nama ....
a.    dokumen            c. sheet                e. canvas area
b.    slide                d. client area
3.    Tempat untuk meletakkan catatan penting disebut dengan ....
a.    worksheet            c. notes window        e. menu bar
b.    slide map            d. toolbar drawing
4.    File, Edit, Insert terletak pada ….
a.  slide map            c. toolbar formatting        e. menu bar
b.  toolbar drawing            d. taskpane
5.    Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ....
a.    Ctrl + I adalah shortcut keyboard untuk membuat cetak tebal
b.    Ctrl + Y adalah shortcut keyboard untuk membuat cetak miring
c.    Ctrl + X adalah shortcut keyboard untuk menyalin data
d.    Ctrl + E adalah shortcut keyboard untuk membuat teks rata tengah
e.    Ctrl + K adalah shortcut keyboard untuk meletakkan teks setelah disalin
6.    Icon di samping terletak pada ....
a.    toolbar drawing        c. toolbar standard        e. status bar
b.    toolbar formatting        d. menu bar
7.    Pasangan icon dan shortcut di bawah ini mempunyai fungsi yang sama, kecuali ....
a.         ; Ctrl + U            c.             ; Ctrl + L    e.          ; Ctrl + S


b.         ; Ctrl + P            d.         ; Ctrl + O

8.    Icon di samping berfungsi untuk ….
    a. mempertebal huruf            d. mengurangi ukuran huruf
    b. memberi warna pada huruf        e. menambah ukuran huruf
    c. membuat wordart
9.    Icon di samping adalah icon ....
a.    Superscript            c. Strikethrough        e. Shadow
b.    Subscript            d. Style
10.    Perintah menu yang digunakan untuk menambah slide adalah ....
a.    Format – New Slide            d. Insert – New Slide
b.    File – New                 e. Insert - New
c.    File – New Slide


Kunci Jawaban :
1.    C        6.    A
2.    B        7.    C
3.    C        8.    E
4.    E        9.    E
5.    D        10.    D

Skor Penilaian :
Setiap soal memiliki skor 1. Nilai akhir = jumlah skor x 10

Tes Praktik :
Untuk tes praktik menggunakan ketentuan :
No Absen    Kemampuan yang dinilai
    1    2    3    4
1               
…..               

Ket :
1 = cek kemampuan siswa mengidentifikasi menu program presentasi
2 = cek kemampuan siswa mengidentifikasi menu program presentasi
3 = cek kemampuan siswa mengidentifikasi  ikon program presentasi
4 = cek kemampuan siswa mengidentifikasi ikonprogram presentasi

Skor Penilaian
Tiap nomor memiliki skor 25. Jumlah skor maksimal = 100

9.    Sumber Belajar
    Buku TIK Untuk SMA Kelas XII. 2006.Jakarta. Penerbit Erlangga.
    LKS
    Seperangkat Komputer dan LCD Proyektor   
       


Mengetahui :
Kepala MA 



Guru Mata Pelajaran,






No comments:

Post a Comment