Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Monday 23 July 2012

Mengenal Perangkat (Interface) Uji Kompetensi (UKG) Online 2012


Kalangan tenaga pendidik (guru) terutama yang sudah mendapat predikat guru profesional dengan sertifikasinya, akhir-akhir ini banyak dihebohkan dan akhirnya disibukkan dengan persiapan menghadapi program dari Badan Pengembangan Sumber Daya ManusiaPendidikan dan kebudayaan dan penjaminan mutu pendidikan, kementerian pendidikan dan kebudayaan. Program tersebut diberi nama Uji Kompetensi Guru (UKG). Banyak kalangan yang sebetulnya masih pro dan kontra dengan program tersebut, seperti banyak diberitakan di media masa. Namun demikian program tersebut akan tetap dilaksanakan, sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
Banyak pihak yang kurang sependapat dengan program tersebut, mungkin dikarenakan teknis penyelenggaraannya secara ONLINE, dengan melibatkan beberapa perangkat (Interface) jaringan komputer dan internet, dan  perangkat lunak (Software), dan harus didukung oleh pengguna (Brainware) yang mumpuni juga. Padahal dalam kenyataannya, masih banyak tenaga pendidik yang masih awam dengan dunia komputer, apalagi jaringan internet. Tetapi apapun kondisinya, program tersebut akan tetap dilaksanakan secara Online.
Minimnya sosialisasi terhadap program tersebut juga menjadi kendala. sehingga masih banyak tenaga pendidik yang bertanya-tanya, apa itu UKG online, bagaimana cara mengerjakannya, apa yang harus dilakukan. Kemampuan otak dalam menguasai materi sesuai bidang sertifikasinya tidak cukup untuk dapat membuat lancar mengerjakan soal UKG, jika tanpa didasari pengetahuan tentang komputer dan jaringan.
Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini mungkin dapat dijadikan gambaran dan bahan untuk menghadapi UKG Online tahun 2012. Silakan dapat anda unduh file tentang sekilas gambaran tentang perangkat (interface) yang harus anda operasikan pada saat mengerjakan soal UKG Online. Pedoman tentang pelaksanaan UKG Online juga dapat anda unduh. Untuk mengunduh file, gampang saja caranya, tinggal klik aja pada tautan di bawah ini. Semoga bermanfaat dan sukses menempuh UKG Online 2012. Amin

Interface (Perangkat) UKG Online 2012

Pedoman Pelaksanaan UKG Online 2012

No comments:

Post a Comment