Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Friday 27 July 2012

RPP PAI SD Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
  
SD/MI                           :      _______________________
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    9.   Membiasakan bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar      :    9.2.            Mempraktikkan tata cara berwudu
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :   
1.        Siswa dapat mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
2.        Siswa dapat membiasakan berwudu dengan benar sebelum melaksanakan salat lima waktu

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran  :
1.        Wudu.
 Metode Pembelajaran     :   
1.        Siswa mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : melafalkan urutan berwudu secara klasikal dan berkelompok
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendemonstrasikan pelaksanaan berwudu dengan sempurna
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih berwudu secara kelompok kemudian individu 
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas. Guru memberikan pengarahan tentang apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan siswa untuk melaksanakan aktivitas tersebut
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri.
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru.

Alat / Sumber Belajar:
1.    Gambar tata cara berwudu pada karton atau lainnya
2.    Tempat dan peralatan berwudu (kran air)
3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I Esis
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Alquran (juz Amma)
6.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan dan teknologi komunikasi yang relevan
7.    Pengalaman guru
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen / Soal
Ø  Mempraktikkan tata cara berwudu dengan benar
Ø  Membiasakan berwudu dengan benar
Tes unjuk kerja
Tes lisan

Praktik

Hafalan
1.          Hafalkan urutan berwudu
2.          Biasakan berwudu dengan benar!
3.          Rukun wudu adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam wudu, seperti :


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment