Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Monday 30 July 2012

Software Bahasa Jawa Hanacaraka V.1.0


HANACARAKA Adalah sebuah software konversi aksara jawa ke aksara latin.
Hanacaraka v 1.0 merupakan program pembelajaran aksara Jawa yang telah dibuat untuk Dinas Kebudayaan Propinsi Yogyakarta.
Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.
Di program ini juga terdapat Menu pengenalan aksara yang membantu Anda dalam mengingat dan mengenal aksara Jawa. Interaksi pengguna yang ditampilkan dalam bentuk seperti kalkulator memungkinkan Anda dapat belajar aksara secara cepat dan tepat.
Menu yang terdapat pada Hanacaraka v.1.0 antara lain :
Tampilan Menu Utama
  1. Konversi  Latin-Jawa ( Pada menu ini memungkinkan user untuk mengkonversi huruf Latin menjadi huruf  Jawa ).
  2. Konversi Jawa – latin ( Pada menu ini memungkinkan user untuk mengkonversi huruf Jawa menjadi huruf Latin ).
  3. Pengenalan Aksara ( Pada menu ini memungkinkan user untuk mengenal lebih jauh tentang :  Aksara Jawa ( Ha, Na, Ca, Ra …..dst ) beserta pasangannya, Aksara Swara ( a, i, u, e, o ), Angka Jawa ( 1 –  9 ), Aksara Murda dan Sandangan.
  4. Soal – Soal Latihan ( Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda ).
Untuk mengunduh aplikasi tersebut, silahkan klik link di bawah ini, kemudian lakukan instal.

No comments:

Post a Comment