Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Saturday 5 May 2012

PTK : Meningkatkan Pemahaman dan prestasi siswa tentang Nama atau letak Propinsi melalui metode Demonstrasi Tempel nama propinsi pada peta buta dalam kelompok Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN xxx


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Kondisi pembelajaran yang aktif  merupakan impian guru dalam mengajar. Untuk mewujudkan hal tersebut suatu strategi pembelajaran yang direncanakan oleh seorang guru dengan mengedepankan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Diharapkan dengan kegiatan belajar yang menekankan keaktifan siswa mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran aktif tersebut guru menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan afektif. Diharapkan guru dapat mengatur proses belajar mengajar yang meliputi : waktu, pemilihan pendekatan, indicator, sarana dan prasarana pembelajaran, penilaian, hasil belajar dll.

 Pada Saat pembelajaran PKn semester I dengan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia guru mendapati banyak diantara anak didiknya yang tidak memperhatikan pada saat guru menerangkan. Berdasarkan hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan nilai yang rendah, tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran PKn kurang dari apa yang diharapkan oleh guru. Hanya ada 8 siswa dari 32 siswa yang mencapai nilai diatas 70. Motivasi dan minat siswa dalam mata pelajaran PKn juga cenderung menurun,  siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga mengakibatkan nilai evaluasi yang rendah.
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, peneliti juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengatasi masalah tersebut. Dari diskusi yang dilakukan oleh peneliti dan teman sejawat akhirnya dapat terungkap permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu:
a.        Rendahnya minat membaca siswa pada mata pelajaran PKn.
b.        Rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
c.        Guru terlalu cepat untuk menstranfer materi kepada siswa, sehingga siswa sulit menagkap materi pelajaran.
d.       Guru terlalu banyak didepan kelas berceramah, sehingga siswa merasa bosen.
e.        Tidak adanya media / alat peraga pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.
f.         Pendekatan yang dilakukan guru terhadap siswa kurang sesuai.
g.        Siswa kurang terlibat dalam pembelajaran.

Berdasarkan permasalahan diatas peneliti akan melakukan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN xxx yaitu pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam belajar. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan pembelajaran yang menuntut siswa aktif  karena diharapkan dari kegiatan siswa yang aktif akan membuat siswa dapat mengembangkan ide – ide dan merealisasikannya dalam bentuk tertentu, selain itu siswa bisa menikmati pengalaman baru, keterampilan tertentu dan yang utama siswa dapat memecahkan suatu kesulitan intelektual.
Peneliti dalam Penelitian Tidakan Kelas ini menerapkan pembelajaran aktif itu dalam mata pelajaran PKn. Mengapa pelajaran PKn? ini dikarenakan  pelajaran PKn membantu siswa mengenal konsep – konsep yang berkaiatan dalam kehidupan masyarakat dan lingkungannya. Melalui PKn akan mengembangkan rasa demokratis siswa. Selain itu pembelajaran PKn akan membawa siswa berfikir kritis, mengenal, memilih dan memecahkan masalah, melatih siswa dalam berfikir sesuai dengan metode ilmiah dan ketrampilan sosial lain yang sejalan dengan pendekatan inkuiri.

Pendidikan Kewarganegaraan dalam konteks kurikulum persekolahan mempunyai peranan dan kedudukan yang strategis dalam upaya membangun karakter bangsa. Oleh karena itu dalam pengembangan model pembelajarannya harus dipikirkan dan dirancang secermat mungkin sehingga mampu mengembangkan potensi yang ada dan dimiliki siswa.
Dalam era pembelajaran saat ini kegiatan pembelajaran diharapkan menerapkan strategi pembelajaran yang aktif. Aktif disini diartikan siswa melakukan pengamatan sendiri dengan melihat, meraba atau merasakan sehingga akan menimbulkan gagasan atau ide baru sesuai kompetensi siswa. Diharapkan dari strategi pembelajaran aktif ini dapat meningkatkan motivasi, pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan tentu saja akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Pembelajaran yang cenderung menempatkan guru sebagai pusat kegiatan dengan metode ceramah sekarang dianggap kurang tepat karena membuat suasana dikelas kurang menyenangkan dan membosankan. Untuk itu diperlukan kreaifitas guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan salah satunya adalah dengan pembelajaran yang menuntut siswa aktif, baik aktif dalam berpikir dan aktif dalam berbuat (Suparno dkk, 2002 ). Dengan pendekatan demonstrasi tempel pada pembelajaran PKn dimaksudkan guru agar siswa menjadi lebih tertarik terhadap pembelajaran dan suasana pembelajaran tidak membosankan. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Siswa yang aktif dalam pembelajaran tidak lagi hanya menyerap atau menghafalkan pengetahuan yang diberikan guru atau hanya mendengar kemudian disimpan diotak, hal seperti inilah yang kurang baik bagi siswa karena potensi otak siswa kurang maksimal. Tetapi dengan pembelajaran dimana siswa lebih aktif semua panca indra dan potensi otak siswa dapat di maksimalkan. Siswa dapat belajar dengan melihat yang nyata, meraba benda yang nyata tidak hanya dari mendengar sehingga siswa mendapat pemahaman, pengalaman baru dan kemudian dapat membentuk pengertian – pengertian  dan gagasan – gagasan baru yang pada ujungnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan pertimbangan – pertimbangan diatas peneliti memberi judul penelitiannya “Meningkatkan Pemahaman dan prestasi siswa tentang Nama atau letak Propinsi melalui metode Demonstrasi Tempel nama propinsi pada peta buta dalam kelompok Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN xxx”.

B.     Rumusan Masalah
1.      Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan pada latar belakang masalah diatas, maka dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti dapat merumuskan beberapa masalah diantaranya :
a. Bagaimana guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan?
b. Apakah pendekatan demonstrasi tempel pada peta buta dalam kelompok dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa di SDN xxx
  1. Apa pengaruh pendekatan demonstrasi tempel nama propinsi pada peta buta dalam kelompok terhadap kegiatan belajar mengajar siswa kelas V SDN xxx ?
  2. Apakah dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?
2.    Definisi Operasional
a.       Peningkatan prestasi belajar adalah bertambahnya penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang ditunjukkan dengan hasil nilai tes yang diberikan oleh guru.
b.      Peningkatan Aktifitas belajar adalah bertambahnya aktifitas siswa dari yang dulunya hanya pasif (mendengarkan guru berceramah ) meningkat menjadi aktif (melakukan aktifitas dengan berinteraksi antar individu dengan sumber belajar yang melibatkan aspek kognitif, psikomotor maupun afektif ).
c.       Pendekatan demonstrasi tempel adalah pendekatan yang digunakan guru untuk memancing keaktifan siswa dan menyenangkan agar indikator tercapai sehingga tidak terasa kegiatan pembelajaran menghasilkan tujuan dan hasil belajar yang lebih baik.
d.      Pendekatan kelompok adalah pendekatan yang lebih dari dua individu yang bertujuan saling berinteraksi antar individu dalam kelompok tersebut sehingga tujuan dan hasil belajar tercapai secara maksimal.
e.       Mata pelajaran PKn adalah pembelajaran yang dapat membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan intelektual yang memadai serta pengalaman praktis agar memiliki kompetensi dan efektivitas dalam berpartisipasi di masyarakat.
f.       Alat peraga adalah alat bantu yang digunakan guru untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan.

3.   Ruang Lingkup Penelitian
Objek penelitian ini adalah pemahaman dan hasil belajar siswa ( prestasi belajar siswa ), mata pelajaran PKn,  demonstrasi tempel nama propinsi pada peta buta dalam kelompok pada siswa kelas V SDN xxx.

D.  MANFAAT PENELITIAN
Manfaat penelitian yang diharapkan dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah :
1.   Bagi Peneliti
Hasil penelitian ini merupakan dasar tinjauan bagi peneliti untuk mengembangkan peneliti lanjutan khususnya bagi pengembangan di bidang pengajaran IPA.
2.   Bagi Guru Lain
Hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan  mata pelajaran PKn pada siswa kelas V semester I SDN xxx melalui pendekatan Demonstrasi tempel nama pada peta buta  dalam kelompok dan berguna juga bagi guru SDN lain.
3.   Bagi Siswa
Hasil penelitian ini dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SDN xxx melalui pendekatan Demonstrasi tempel nama pada peta buta  dalam kelompok dan berguna juga bagi siswa SDN lain.
4.   Bagi Lembaga Sekolah Dasar
      Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil dan mutu pendidikan di SD tempat penelitian pada khususnya dan mutu pendidikan nasional pada umumnya demi kemajuan lembaga.


Ingin mendapatkan selengkapnya hubungi 081553443171

No comments:

Post a Comment