Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Saturday 5 May 2012

PTK : Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas IV SDN XXX


BAB 1
PENDAHULUAN
         
A. LATAR BELAKANG
     Orientasi pendidikan mengarah pada kemampuan setiap anak didik dalam mengaitkan kualitas manusia. Hal ini tidak terlepas dari tiga aspek dalam pendidikan yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Tiga hal ini yang menunjang terlaksananya tiga pilar pendidikan. Tiga pilar tersebut adalah belajar untuk mengetahui, belajar untuk melakukan, dan belajar untuk hidup bersama.

     Keberhasilan siswa selama ini diukur dari seberapa tinggi prestasi atau keberhasilan belajar yang dicapai oleh siswa. Hal ini tidak terlepas dari beberapa factor, diantaranya adalah minat siswa untuk belajar. Misalnya pada pelajaran matematika yang tidak sedikit siswa kurang berminat mengikutinya.


     Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diprioritaskan. Hal ini terbukti dengan pelajaran matematika selalu diikutkan dalam ujian nasional. Sehingga banyak lembaga-lembaga bimbingan membantu siswa yang merasa kesulitan dalam mengikuti pelajaran ini.

     Dalam pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan kelihatannya memang mudah. Akan tetapi pada kenyataannya dalam pengerjaan evaluasi ternyata hasil yang dicapai masih kurang memuaskan. Dari 21 Siswa kelas IV di SDN XXX, masih ada 12 siswa yang nilainya dibawah standart. Dari analisis penyebab masalah yang terjadi telah teridetifikasi beberapa penyebabnya.

     Pada kenyataannya tidak semua siswa senang dengan pelajaran matematika. Banyak factor yang menyebabka hal ini terjadi, diantaranya adalah kemampuan siswa yang memang rendah, pola atau metode yang dipakai oleh guru kurang tepat dan sebagainya.

Namun dalam penelitian ini penyebab yang diprioritaskan adalah metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

     Dalam satu kelas terdapat berbagai karakter siswa, ada siswa yang aktif dan ada juga yang pasif sehingga keberhasilan belajar siswa yang diterima tidak sama. Di SDN XXX banyak metode-metode yang diterapkan oleh para guru. Pada kelas IV pada mata pelajaran matematika lebih sering digunakan metode penugasan individu, yaitu pengerjaan LKS.

     Hal ini dirasa sudah cukup relevan, akan tetapi metode ini akan menimbulkan kesenjangan, yang pandai akan merasa lebih menguasai dari yang lain, sedangkan yang kurang atau pasif akan tertinggal.

     Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba untuk menerapkan metode Kerja Kelompok. Metode ini dimaksudkan untuk merangsang siswa untuk ikut serta aktif dalam menyelesaikan soal matematika secara benar dalam kelompok secara bersama-sama.
                                                              
     Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk mengadakan suatu Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas IV SDN XXX”

B.  RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang masalah di atas dapat ditarik suatu rumusan masalah yaitu:
1. Apakah metode kerja kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN XXX?
2. Apakah metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN XXX?
3. Bagaimana dampak kegiatan belajar mengajar menggunakan metode kerja kelompok pada siswa kelas IV di SDN XXX?

C.  TUJUAN PENELITIAN
     Penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode kerja kelompok siswa kelas IV di XXX.
  2. Meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode kerja kelompok siswa kelas IV di XXX.
                                        
D. MANFAAT PENILITIAN
     Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi pada pihak-pihak yang bersangkutan yaitu :
1.    Bagi Guru / Peneliti
Dengan adanya penelitian ini diharapkan seorang guru dapat mengetahui metode kerja kelompok pada saat mengajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswanya.
2.    Bagi Siswa
Dengan  menerapkan metode kerja kelompok, siswa diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan belajarnya. Karena antar siswa dapat bertukar pikiran dalam mengerjakan soal matematika.
3.    Bagi Lembaga
Penerapan metode kerja kelompok diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis dalam pengembangan pembelajaran matematika, sehingga hasilnya dapat memuaskan.

Ingin mendapatkan selengkapnya hubungi 081553443171

No comments:

Post a Comment