Bagi Anda yang ingin pesan RPP, Silabus, Prota, Promes mulai SD, SMP/MTs dan SMA Berkarakter, Skripsi PAI. Silahkan SMS ke 082225537271, email : didiksz@yahoo.com

Saturday, 5 May 2012

RPP Bahasa Arab MTs Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ..............................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : IX / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         1.      MENDENGARKAN/ISTIMA’
                  Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang  دينية مناسبات / even-even keagamaan
B.       Kompetensi Dasar
1.2    Memberikan tanggapan/ respons  yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang دينية مناسبات dengan menggunakan fiil madhi (فعل الماضى)  dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah

C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mendengarkan wacana lisan tentang kegiatan di bulan Romadhan
§    Menjawab pertanyaan isi wacana tentang kegiatan di bulan romadhan
§    Menuliskan pokok-pokok pikiran dan wacan lisan tentang kegiatan di bulan ramadhon
D.       Materi Pembelajaran
§    Mengungkapkan pokok-pokok pikiran dari wacana lisan tentang kegiatan di bulan Romadlon
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang even even keagamaan
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang دينية مناسبات
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang دينية مناسبات (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang دينية مناسبات (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang دينية مناسبات (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan دينية مناسبات (Konfirmasi)

v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10


5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas IX
§    Teks wacana tentang kegiatan di bulan Romadhon
§    Kamus
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menjawab pertanyaan tentang kegiatan di bulan ramadhan sesuai isi wacana lisan yang didengar
§  Mengungkapkan pokok pokok isi kandungan wacana lisan tentang kegiatan di bulan romadhan
§  Berdiskusi
§  Tanya jawab
Uraian
§  Jawablah pertanyaan tentang kegiatan di bulan ramadhan sesuai isi wacana lisan yang didengar !

Mengetahui
Kepala Madrasah





...................................

......................., .............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





...................................................