Bagi Anda yang ingin pesan RPP SD, SMP/MTs dan SMA Kurikulum 2013, Skripsi PAI. Silahkan SMS ke 082225537271, email : didiksz@yahoo.com

Wednesday, 2 May 2012

RPP Bahasa Arab MTs Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VIII / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         2.      BERBICARA / KALAM
                  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang الســاعة.
B.       Kompetensi Dasar
2.1    Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang الســاعة dengan menggunakan media gambar/ alat peraga dan menerapkan kalimat meliputi: kata bilangan bertingkat
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mengidentifikasi alamat seseorang (rumah/kantor/madrasah dll)
§    Mengidentifikasi kata bilangan bertingkat
§    Wawancara tentang alamat tertentu

D.       Materi Pembelajaran
§    Bilangan bertingkat
§    Kata Tanya: كم , متى , فى أي / أي ساعة ...
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang الســاعة (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§    Kaset tentang perkenalan
§    Media audio visul lain
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
§  Menggunakan / mengucapkan  Mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
Tes lisan


Tes lisan
Uraian
§  Buatlah kalimat tentang alamat seseorang !


Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab




..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VIII / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         2.      BERBICARA / KALAM
                  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang الســاعة.
B.       Kompetensi Dasar
2.2    Melakukan tanya jawab dengan lancar dan tepat tentang الســاعة dengan menggunakan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi kata bilangan bertingkat
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mengidentifikasi alamat seseorang (rumah/kantor/ madrasah dll)
§    Mengidentifikasi kata bilangan bertingkat
§    Wawancara tentang alamat tertentu
D.       Materi Pembelajaran
§    Bilangan bertingkat
§    Kata Tanya: كم , متى , فى أي / أي ساعة ...
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang الســاعة (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang الســاعة (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep










G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§    Kaset tentang perkenalan
§    Media audio visul lain
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; كم , متى , فى أي / أي ساعة ...         
§  Menanggapi berbagai pertanyaan  dengan tepat
§  Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat  dan benar atau,
§   Menyebutkan / bercerita  dengan tepat dan benar secara terstruktur/terbimbing  sesuai tema
Tanya jawab


Diskusi kelompok


Demonstarsi
Uraian


Uraian
§  Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya meliputi; كم , متى , فى أي / أي ساعة

Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab





..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VIII / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         3.      BERBICARA / KALAM
                  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة
B.       Kompetensi Dasar
3.1    Menyampaikan informasi secara lisan tentang  أنشطتي في المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur:   mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mengidentifikasi aktivitas harian atau  mingguan  di madrasah
D.       Materi Pembelajaran
أنشطتي في المدرسة
§    Teks tentang aktivitas di madrasah
§    Kata Tanya aina
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang أنشطتي في المدرسة
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang أنشطتي في المدرسة (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang أنشطتي في المدرسة (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang أنشطتي في المدرسة (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan أنشطتي في المدرسة (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§    Lembar Kerja Siswa
§    Buku Panduan
§    Media gambar aktivitas siswa di madrasah
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan kosa kata dan kalimat  dengan pelafalan yang tepat dan benar
§  Menggunakan / mengucapkan  Mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat
Prkatek langsung melalui bercerita

Tanya jawab / wawancara
Uraian

Uraian
§  Buatlah kalimat dengan menggunakan mufrodat secra tepat dalam berbagai kalimat !


Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab




..........................................
NIP.


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VIII / 1
Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         3.      BERBICARA / KALAM
                  Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة
B.       Kompetensi Dasar
3.2    Melakukan dialog seder-hana tentang أنشطتي في المدرسة dengan tepat   dengan meng-gunakan kalimat berstruktur: mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mengidentifikasi perubahan fiil mudhari
D.       Materi Pembelajaran
أحمد يذهب الى المدرسة كل يوم
وفاطمة أيضا تذهب الى المدرسة كل يوم
هما يجلسان فى الفصل الثاني
و فى المدرسة تلاميذ و تلميذات
التلاميذ يتعلمون فيها و التلميذات أيضا يتعلمن فيها
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang أنشطتي في المدرسة
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang أنشطتي في المدرسة (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang أنشطتي في المدرسة (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang أنشطتي في المدرسة (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan أنشطتي في المدرسة (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep











G.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§    Lembar Kerja Siswa
§    Buku Panduan
§    Media gambar aktivitas siswa di madrasah
H.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Bertanya dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza ya'malu ../, hal
§  Memberikan jawaban dengan tepat
§  Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat  dan benar
Prkatek langsung melalui bercerita

Tanya jawab / wawancara
Uraian

Uraian
§  Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya meliputi; madza ya'malu ../, hal




Mengetahui
Kepala Madrasah



...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab


 ..........................................
NIP.