Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Saturday 5 May 2012

RPP Kimia SMA Berkarakter


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
SISTEM PERIODIK UNSUR

Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
                                                ikatan kimia
Kompetensi Dasar     :  1.1.  Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
                                                sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
                                                periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
                                                keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
Alokasi Waktu           :  6 Jam Pelajaran


I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
(1)   Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
(2)   Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
(3)   Menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
(4)   Menganalisis tabel atau grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
(5)   Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
(1)      Menggambar kerangka sistem periodik.
(2)      Menentukan nomor periode dan golongan dalam sistem periodik modern.
(3)      Menuliskan unsur-unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen, gas mulia, periode-2 dan periode-3.
(4)      Menyatakan ide pokok dalam tride Dobereiner, oktaf Newlands, sistem periodik Mendeleev dan sistem periodik Moseley.
(5)      Menyatakan kelemahan gagasan Dobereiner, Newlands dan Mendeleev.
(6)      Menentukan letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
(7)      Menyebutkan arti jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
(8)      Menyimpulkan kecenderungan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan dalam periode dan golongan berdasarkan data atau grafik.
(9)      Menyimpulkan sifat-sifat logam, non logam dan metaloid.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
Sistem Periodik Unsur
o   Struktur sistem periodik modern
o   Hubungan sistem periodik dengan konfigurasi elektron.
o   Perkembangan dasar pengelompokan unsur
o   Sifat-sifat periodik unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan).
o   Sifat-sifat unsur dalam sistem peruiodik (khususnya logam dan non logam)

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
·        Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna daftar tersebut melalui diskusi kelas
·        Siswa dapat Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.

V.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran).
Materi :  Mengenal tabel periodik unsur.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Appersepsi:
Sebelum pengetahuan tentang struktur atom, Medeleev, seorang ahli kimia dari Rusia, yaitu pada tahun 1869, telah berhasil menyusun suatu daftar unsur-unsur yang boleh dikatakan sama dengan tabel periodik unsur modern.  Namun demikian, Mendeleev tidak dapat menjelaskan keperiodikan sifat-sifat unsur tersebut.  Kini, setelah pengetahuan tntang struktur atom, kta dapat menjelaskan sifat-sifat unsur tersebut. 
o   Motivasi:
Tabel periodik unsur banyak manfaatnya dalam meMpelajari sifat-sifat unsur.  Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui letak unsur dalam sistem periodik. 
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid, berdasarkan konfigurasi elektron/letak unsur dalam sistem periodik.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Diskusi / membahas tabel periodik unsur sesuai dengan LKS 2.1.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan makna tabel periodik .(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.2 dan LKS 2.3). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi:  Sistem periodik dan konfigurasi elektron
              Perkembangan dasar pengelompokan unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memeriksa kehadiran siswa.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.2 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas LKS 2.3 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Presentasi kelompok tentang LKS 2.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 2.4). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Materi:  Sifat-sifat periodik unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 2.4 melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Jika ada sisa waktu digunakan untuk latihan soal (uji kompetensi). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).

VI.        Alat / Bahan / Sumber Belajar           : 
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII. Penilaian:
A.    PPK
           Tagihan KIM1101MP (Lihat kartu Soal)
B.     Responsi
           Tagihan KIM1102MP (Lihat kartu soal)








Mengetahui,
Kepala MA AL MUNAWWAROH



Drs. ASEP JENAL

Malangbong, Juli 2011
Guru mapel Kimia



ANTIKA NURAZMIL, S.Pt



No comments:

Post a Comment