BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Orientasi
pendidikan mengarah pada kemampuan setiap anak didik dalam mengaitkan kualitas
manusia. Hal ini tidak terlepas dari tiga aspek dalam pendidikan yaitu
kognitif, afektif, dan psikomotor. Tiga hal ini yang menunjang terlaksananya
tiga pilar pendidikan. Tiga pilar tersebut adalah belajar untuk mengetahui,
belajar untuk melakukan, dan belajar untuk hidup bersama.
Keberhasilan
siswa selama ini diukur dari seberapa tinggi prestasi atau keberhasilan belajar
yang dicapai oleh siswa. Hal ini tidak terlepas dari beberapa factor,
diantaranya adalah minat siswa untuk belajar. Misalnya pada pelajaran
matematika yang tidak sedikit siswa kurang berminat mengikutinya.
Matematika
merupakan salah satu pelajaran yang diprioritaskan. Hal ini terbukti dengan
pelajaran matematika selalu diikutkan dalam ujian nasional. Sehingga banyak
lembaga-lembaga bimbingan membantu siswa yang merasa kesulitan dalam mengikuti
pelajaran ini.
Dalam
pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan kelihatannya memang mudah.
Akan tetapi pada kenyataannya dalam pengerjaan evaluasi ternyata hasil yang
dicapai masih kurang memuaskan. Dari 21 Siswa kelas IV di SDN XXX,
masih ada 12 siswa yang nilainya dibawah standart. Dari analisis penyebab
masalah yang terjadi telah teridetifikasi beberapa penyebabnya.
Pada
kenyataannya tidak semua siswa senang dengan pelajaran matematika. Banyak
factor yang menyebabka hal ini terjadi, diantaranya adalah kemampuan siswa yang
memang rendah, pola atau metode yang dipakai oleh guru kurang tepat dan
sebagainya.
Namun dalam penelitian ini penyebab
yang diprioritaskan adalah metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Dalam
satu kelas terdapat berbagai karakter siswa, ada siswa yang aktif dan ada juga
yang pasif sehingga keberhasilan belajar siswa yang diterima tidak sama. Di SDN XXX banyak metode-metode yang
diterapkan oleh para guru. Pada kelas IV pada mata pelajaran matematika lebih
sering digunakan metode penugasan individu, yaitu pengerjaan LKS.
Hal
ini dirasa sudah cukup relevan, akan tetapi metode ini akan menimbulkan
kesenjangan, yang pandai akan merasa lebih menguasai dari yang lain, sedangkan
yang kurang atau pasif akan tertinggal.
Untuk
mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba untuk menerapkan metode Kerja
Kelompok. Metode ini dimaksudkan untuk merangsang siswa untuk ikut serta aktif
dalam menyelesaikan soal matematika secara benar dalam kelompok secara
bersama-sama.
Berdasarkan
uraian di atas maka peneliti tertarik untuk mengadakan suatu Penelitian
Tindakan Kelas dengan judul “Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung
Bilangan Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas IV SDN XXX”
B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang masalah di atas
dapat ditarik suatu rumusan masalah yaitu:
1. Apakah metode kerja kelompok dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN XXX?
2. Apakah metode kerja kelompok dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN XXX?
3. Bagaimana dampak kegiatan belajar
mengajar menggunakan metode kerja kelompok pada siswa kelas IV di SDN XXX?
C. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian
ini bertujuan untuk:
- Meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode kerja kelompok siswa kelas IV di XXX.
- Meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode kerja kelompok siswa kelas IV di XXX.
D. MANFAAT PENILITIAN
Hasil
penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi pada pihak-pihak yang
bersangkutan yaitu :
1.
Bagi Guru /
Peneliti
Dengan adanya penelitian ini diharapkan
seorang guru dapat mengetahui metode kerja kelompok pada saat mengajar yang
disesuaikan dengan karakteristik siswanya.
2.
Bagi Siswa
Dengan
menerapkan metode kerja kelompok, siswa diharapkan dapat meningkatkan
keberhasilan belajarnya. Karena antar siswa dapat bertukar pikiran dalam
mengerjakan soal matematika.
3.
Bagi Lembaga
Penerapan metode kerja kelompok
diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis dalam pengembangan
pembelajaran matematika, sehingga hasilnya dapat memuaskan.
Ingin mendapatkan selengkapnya hubungi 081553443171
No comments:
Post a Comment