RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. BERBICARA / KALAM
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang الســاعة.
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan
bercerita tentang الســاعة dengan menggunakan media gambar/
alat peraga dan menerapkan kalimat meliputi: kata bilangan bertingkat
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mengidentifikasi alamat seseorang
(rumah/kantor/madrasah dll)
§ Mengidentifikasi kata bilangan
bertingkat
§
Wawancara
tentang alamat tertentu
D.
Materi Pembelajaran
§ Bilangan bertingkat
§
Kata Tanya: كم , متى
, فى أي / أي ساعة ...
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran
dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang الســاعة (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang الســاعة
(Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media
audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
§ Menggunakan / mengucapkan Mufrodat
dengan tepat dalam berbagai kalimat
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Uraian
|
§ Buatlah kalimat tentang alamat
seseorang !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. BERBICARA / KALAM
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita serta bertanya jawab tentang الســاعة.
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Melakukan tanya
jawab dengan lancar dan tepat tentang الســاعة
dengan menggunakan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi kata bilangan
bertingkat
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mengidentifikasi alamat seseorang
(rumah/kantor/ madrasah dll)
§ Mengidentifikasi kata bilangan
bertingkat
§
Wawancara
tentang alamat tertentu
D.
Materi Pembelajaran
§ Bilangan bertingkat
§ Kata Tanya: كم , متى , فى أي / أي ساعة ...
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran
dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang الســاعة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang الســاعة (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang الســاعة (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang الســاعة
(Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan الســاعة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media
audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Bertanya dengan menggunakan kata tanya
meliputi; كم , متى , فى أي / أي ساعة ...
§ Menanggapi berbagai pertanyaan dengan tepat
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan
tepat dan benar atau,
§ Menyebutkan / bercerita dengan tepat dan benar secara
terstruktur/terbimbing sesuai tema
|
Tanya jawab
Diskusi kelompok
Demonstarsi
|
Uraian
Uraian
|
§ Buatlah pertanyaan dengan menggunakan
kata tanya meliputi; كم , متى , فى أي / أي ساعة
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. BERBICARA / KALAM
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan
bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menyampaikan
informasi secara lisan tentang أنشطتي في المدرسة
dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat
berstruktur: mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mengidentifikasi aktivitas harian
atau mingguan di madrasah
D.
Materi Pembelajaran
أنشطتي في المدرسة
§ Teks tentang aktivitas di madrasah
§
Kata
Tanya aina
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran
dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang أنشطتي في المدرسة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang أنشطتي في المدرسة (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang أنشطتي في المدرسة (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang أنشطتي في المدرسة (Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan أنشطتي في المدرسة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Lembar Kerja Siswa
§ Buku Panduan
§
Media
gambar aktivitas siswa di madrasah
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan kosa kata dan kalimat dengan pelafalan yang tepat dan benar
§ Menggunakan / mengucapkan Mufrodat
dengan tepat dalam berbagai kalimat
|
Prkatek langsung melalui bercerita
Tanya jawab / wawancara
|
Uraian
Uraian
|
§ Buatlah kalimat dengan menggunakan mufrodat secra tepat dalam berbagai
kalimat !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
.............. ,
...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VIII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. BERBICARA / KALAM
Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman
serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Melakukan dialog
seder-hana tentang أنشطتي
في المدرسة dengan
tepat dengan meng-gunakan kalimat
berstruktur: mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
C.
Tujuan Pembelajaran
§
Mengidentifikasi
perubahan fiil mudhari
D.
Materi Pembelajaran
أحمد يذهب الى المدرسة كل يوم
وفاطمة أيضا تذهب الى المدرسة كل يوم
هما يجلسان فى الفصل الثاني
و فى المدرسة تلاميذ و تلميذات
التلاميذ يتعلمون فيها و التلميذات أيضا يتعلمن فيها
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk
memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan
untuk mengumpulkan informasi tentang “jam”
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran
dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang أنشطتي في المدرسة
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan
manfaatnya dalam kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat
acak tentang أنشطتي في المدرسة (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber tentang أنشطتي في المدرسة (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan
berdasarkan apa yang telah dibaca tentang أنشطتي في المدرسة (Elaborasi)
§ Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang
kesimpulan أنشطتي في المدرسة (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII
§ Lembar Kerja Siswa
§ Buku Panduan
§
Media
gambar aktivitas siswa di madrasah
H.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Bertanya dengan menggunakan kata tanya
meliputi; madza ya'malu ../, hal
§ Memberikan jawaban dengan tepat
§ Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan benar
|
Prkatek langsung melalui bercerita
Tanya jawab / wawancara
|
Uraian
Uraian
|
§ Buatlah pertanyaan dengan menggunakan
kata tanya meliputi; madza ya'malu ../,
hal
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment