RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD :
_____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Memahami teks fungsional pendek dan
deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar : 7.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek
sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa
dapat melafalkan kalimat dengan baik dan benar
2. Siswa
dapat membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3. Siswa
dapat membaca nyaring dengan baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan
membaca
nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2. Siswa
mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Siswa
menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4.
Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan
benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
· Guru mengawali
pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta
siswa untuk menyebutkan kosakata yang telah dipelajari yang berkaitan dengan
topik bacaan.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai
sementara siswa mendengar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membaca teks secara lantang untuk kedua
kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan
intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
F
Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan
lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan
kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang
melakukan kesalahan dalam membaca).
F
Guru meminta siswa mengeja namanya masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru menunjuk siswa secara acak dan meminta siswa
menyebutkan ujaran-ujaran yang baru saja dipelajari.
F
Guru meminta siswa untuk berlatih di rumah.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Melafalkan kalimat dengan baik dan benar
§
Membaca
kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§
Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik membaca nyaring
|
Read the
dialogues aloud.
How
do you go to school?
I go
to school by bicycle.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
No comments:
Post a Comment