Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Saturday, 5 May 2012

RPP Bahasa Inggris SD Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                           : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VI/2
Standar Kompetensi               : 7.          Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 7.1        Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima   

Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : 1.          Siswa dapat melafalkan kalimat dengan baik dan benar
                                                  2.          Siswa dapat membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
                                                  3.          Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : 1.          Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca
                                                      nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
                                                  2.          Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
                                                  3.          Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
                                                  4.          Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan kosakata yang telah dipelajari yang berkaitan dengan topik bacaan.
      2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
F Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
F Guru meminta siswa mengeja namanya masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak dan meminta siswa menyebutkan ujaran-ujaran yang baru saja dipelajari.
F Guru meminta siswa untuk berlatih di rumah.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
  2. Buku-buku lain yang relevan
  3. Alat peraga

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar

Tes unjuk kerja



Uji petik membaca nyaring


Read the dialogues aloud.
How do you go to school?
I go to school by bicycle.



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

No comments:

Post a Comment