RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SISTEM PERIODIK UNSUR
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik
unsur, dan
ikatan
kimia
Kompetensi Dasar : 1.1. Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
sifat-sifat
unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya,
melalui pemahaman konfigurasi elektron.
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
I. Indikator Pencapaian Kompetensi:
(1) Mendeskripsikan
struktur sistem periodik unsur.
(2) Membandingkan
perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangannya.
(3) Menentukan letak
unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
(4) Menganalisis tabel
atau grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elektron dan keelektronegatifan.
(5) Mengklasifikasikan
unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
(1) Menggambar kerangka
sistem periodik.
(2) Menentukan nomor
periode dan golongan dalam sistem periodik modern.
(3) Menuliskan
unsur-unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen, gas mulia, periode-2 dan
periode-3.
(4) Menyatakan ide pokok
dalam tride Dobereiner, oktaf Newlands, sistem periodik Mendeleev dan sistem
periodik Moseley.
(5) Menyatakan kelemahan
gagasan Dobereiner, Newlands dan Mendeleev.
(6) Menentukan letak
unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron atau sebaliknya.
(7) Menyebutkan arti
jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
(8) Menyimpulkan
kecenderungan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan
keelektronegatifan dalam periode dan golongan berdasarkan data atau grafik.
(9) Menyimpulkan
sifat-sifat logam, non logam dan metaloid.
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi
Ajar :
Sistem Periodik
Unsur
o
Struktur sistem periodik modern
o
Hubungan sistem periodik dengan konfigurasi
elektron.
o
Perkembangan dasar pengelompokan unsur
o
Sifat-sifat periodik unsur (jari-jari atom, energi
ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan).
o
Sifat-sifat unsur dalam sistem peruiodik
(khususnya logam dan non logam)
IV. Metode
pendekatan:
- Ceramah / penyampaian informasi.
- Diskusi
- Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom
Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur
dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman
konfigurasi elektron.
|
·
Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna
daftar tersebut melalui diskusi kelas
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan struktur sistem
periodik unsur.
|
V. Skenario
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran).
Materi : Mengenal tabel periodik unsur.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Appersepsi:
Sebelum
pengetahuan tentang struktur atom, Medeleev, seorang ahli kimia dari Rusia,
yaitu pada tahun 1869, telah berhasil menyusun suatu daftar unsur-unsur yang
boleh dikatakan sama dengan tabel periodik unsur modern. Namun demikian, Mendeleev tidak dapat
menjelaskan keperiodikan sifat-sifat unsur tersebut. Kini, setelah pengetahuan tntang struktur
atom, kta dapat menjelaskan sifat-sifat unsur tersebut.
o
Motivasi:
Tabel periodik
unsur banyak manfaatnya dalam meMpelajari sifat-sifat unsur. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui
letak unsur dalam sistem periodik.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam
dan metaloid, berdasarkan konfigurasi elektron/letak unsur dalam sistem
periodik.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Diskusi / membahas tabel periodik unsur sesuai
dengan LKS 2.1.(nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan)
Kegiatan Akhir
o
Menyimpulkan makna tabel periodik .(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
(Mempelajari LKS 2.2 dan LKS 2.3). (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi: Sistem periodik dan konfigurasi
elektron
Perkembangan dasar pengelompokan unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Memeriksa kehadiran siswa.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya
atau tidak. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Kegiatan Inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas LKS 2.2 (yang telah ditugaskan pada
pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
o
Membahas LKS 2.3 (yang telah ditugaskan pada
pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Presentasi kelompok tentang LKS 2.3.(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
(Mengerjakan LKS 2.4). (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Materi: Sifat-sifat periodik unsur
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa kehadiran siswa.
o
Memeriksa sepintas PR, apakah siswa mengerjakannya
atau tidak.
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
o
Membahas LKS 2.4 melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
o
Jika ada sisa waktu digunakan untuk latihan soal
(uji kompetensi). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian
(soal dapat dilihat pada kartu soal).
VI.
Alat / Bahan / Sumber
Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian:
A. PPK
Tagihan KIM1101MP (Lihat kartu Soal)
B. Responsi
Tagihan KIM1102MP (Lihat kartu soal)
Mengetahui,
Kepala MA AL MUNAWWAROH
Drs. ASEP
JENAL
|
|
Malangbong, Juli 2011
Guru mapel Kimia
ANTIKA
NURAZMIL, S.Pt
|
No comments:
Post a Comment