RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan Fungsi
software pengolah kata dengan benar.
2. Mempersiapkan
Software pengolah kata dengan benar
3. Mengoperasikan Software
pengolah kata tanpa error.
4. Menggunakan Menu-menu dalam pengolah kata dapat tanpa error .
5. Menggunakan Fitur-fitur
editing dan isian berulang dalam membuat dokumen tanpa error.
6. Mencetak Dokumen dengan parameter standar dan
menggunakan fitur-fitur pencetakan
II. Materi Pembelajaran
1. Fungsi software
pengolah kata.
2. Langkah
mempersiapkan Software pengolah kata yang benar.
3. Langkah
mengoperasikan software pengolah kata sesuai dengan SOP.
4. Langkah menggunakan menu-menu dalam software pengolah kata seperti: membuat
dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain,
keluar dari program aplikasi dijalankan dengan benar.
5. Langkah menggunakan Fitur-fitur
editing dan isian berulang dalam membuat dokumen sederhana antara lain
: mengetik dan menyelipkan huruf/ kata/ kalimat, memformat huruf/font, text alignment,
numbering, bullet, page break,menyisipkan object, penggunaan kolom,dopcap, paragraf, tab,
border dan shading, edit, paste,
cut, mail merge. Header dan footer, pemberian halaman, penomoran isian berulang
diaplikasikan pada file dokumen.
6. Perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview diaplikasikan
sesuai dengan parameter kertas dan printer serta File Document dicetak sesuai
dengan parameter standar seperti mencetak semua halaman, halaman tertentu,
halaman yang sedang aktif/diedit.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Tanya Jawab
4. Peragaan
(demonstrasi)
5. Praktikum di
Lab. Komputer
IV. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 x 45 menit)
A.
Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan software pengolah kata.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS KKPI
Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang fungsi software pengolah kata serta langkah operasional mempersiapkan dan mengoperasikan
(menjalankan) software pengolah kata .
2. Membagi siswa menjadi 4 kelompok dalam mencari
informasi tentang fungsi software pengolah kata serta langkah operasional mempersiapkan dan
mengoperasikan (menjalankan) software pengolah kata yang bersumber dari LKS, buku paket maupun modul guru
yang ditampilkan pada LCD/monitor.
ELABORASI
1. Mempersilahkan ketua kelompok I maju ke depan
kelas untuk menjelaskan fungsi software pengolah
kata (beberapa macam contoh dan penggunaan software pengolah kata)
2. Mempersilahkan ketua kelompok II maju ke
depan kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah operasional
menjalankan/mengaktifkan software pengolah kata serta membuat dokumen baru.
3. Mempersilahkan ketua kelompok III maju
ke depan kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah operasional
menyimpan dokumen.
4. Mempersilahkan ketua kelompok III maju
ke depan kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah operasional
menyimpan dokumen dengan nama baru
5. Mempersilahkan ketua kelompok IV maju ke
depan kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah operasional membuka
dan menutup dokumen yang pernah dibuat sebelumnya serta keluar dari program
pengolah kata
6. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari masing – masing
ketua kelompok.
7. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah
dilakukan oleh masing – masing ketua kelompok.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
masing – masing ketua kelompok.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C.
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan masing – masing ketua kelompok siswa.
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan mouse
dan keyboard serta menu format font dan paragraph.
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan penggunaan mouse,
keyboard, format font dan format paragraph.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS
KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang penggunaan mouse, keyboard, format font dan format paragraph.
2. Membagi siswa menjadi 4 kelompok dalam mencari
informasi tentang penggunaan mouse, keyboard, format font dan format paragraph yang bersumber dari LKS, buku paket maupun modul guru
yang ditampilkan pada LCD/monitor.
ELABORASI
1.
Mempersilahkan ketua kelompok I maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan mouse.
2.
Mempersilahkan ketua kelompok II maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan keyboard.
3.
Mempersilahkan ketua kelompok II maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan format font.
4. Mempersilahkan ketua kelompok II maju ke
depan kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan format paragraf.
5. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari masing – masing
ketua kelompok.
6. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah
dilakukan oleh masing – masing ketua kelompok.
7. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan materi format
font dan paragraph.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
masing – masing ketua kelompok.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C.
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan penggunaan mouse, keyboard serta menu format
font dan paragraph..
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan menu bullet and numbering
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Ketiga (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan penggunaan menu bullet
and numbering.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS
KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang penggunaan menu bullet and numbering.
2. Membagi siswa menjadi 3 kelompok dalam mencari
informasi tentang penggunaan menu bullet and numbering.
ELABORASI
1.
Mempersilahkan ketua kelompok I maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan tabulasi bullet pada menu bullet and numbering.
2.
Mempersilahkan ketua kelompok II maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan tabulasi numbered pada
menu bullet and numbering.
3.
Mempersilahkan ketua kelompok III maju ke depan
kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan tabulasi
outline numbered pada menu bullet and numbering.
4. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari masing – masing
ketua kelompok.
5. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah
dilakukan oleh masing – masing ketua kelompok.
6. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan materi format bullet and numbering.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
masing – masing ketua kelompok.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan penggunaan menu format bullet and numbering.
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan menu format
kolom dan format dropcap serta insert picture.
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Keempat (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan penggunaan menu format kolom
dan format dropcap serta insert picture.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS
KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang penggunaan menu format kolom dan format dropcap serta insert picture.
2. Membagi siswa menjadi 3 kelompok dalam mencari
informasi tentang penggunaan menu format kolom dan format dropcap serta insert picture.
ELABORASI
1.
Mempersilahkan ketua kelompok I maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan menu format kolom
2.
Mempersilahkan ketua kelompok II maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan menu format dropcap
3.
Mempersilahkan ketua kelompok III maju ke depan
kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan menu insert picture
4. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari masing – masing
ketua kelompok.
5. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah
dilakukan oleh masing – masing ketua kelompok.
6. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan menu format kolom dan format dropcap serta menu insert picture
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
masing – masing ketua kelompok.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan penggunaan menu format kolom dan format dropcap serta menu insert picture
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan menu format
kolom dan format dropcap serta insert picture.
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Kelima (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan penggunaan menu format tab.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS
KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang penggunaan menu format tab.
2. Menginformasikan kepada seluruh siswa tentang
wacana penunjukan beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan
mendemonstrasikan penggunaan menu format tab.
ELABORASI
1.
Mempersilahkan siswa pertama, kedua dan ketiga maju
ke depan kelas secara bergantian untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan menu format tab.
2.
Mengarahkan dan
memediasi siswa lainnya untuk memberikan tanggapan atas penjelasan teman –
temannya dalam rangka memperjelas dan mempertegas lagi penggunaan menu format
tab.
3. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari teman – temannya
tentang rumusan penggunaan menu format tab.
4. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah
dilakukan oleh teman – temannya yang telah maju ke depan.
5. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan menu format tab.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
temannya yang maju ke depan kelas.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan penggunaan menu format tab.
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan menu insert table
dan format border and shading
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Keenam (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan penggunaan menu insert table
dan format border and shading.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS
KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang penggunaan menu insert table dan format border and
shading.
2. Menginformasikan kepada seluruh siswa tentang
wacana penunjukan beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan
mendemonstrasikan penggunaan menu insert table dan format border and
shading.
ELABORASI
1.
Mempersilahkan siswa pertama maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan menu insert table.
2.
Mempersilahkan siswa kedua maju ke depan kelas untuk
menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan tabulasi border pada menu
format
border and shading.
3.
Mempersilahkan siswa ketiga maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan tabulasi page border pada menu
format
border and shading.
4. Mempersilahkan siswa ketiga maju ke
depan kelas untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan tabulasi
shading pada menu format border and shading.
5. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari teman – temannya
yang maju kedepan kelas.
6. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah
dilakukan oleh teman – temannya yang telah maju ke depan.
7. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan menu insert
table dan format border and shading.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
temannya yang maju ke depan kelas.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan masing – masing ketua kelompok siswa.
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan menu mail
merge.
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Ketujuh (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan penggunaan menu mail merge.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian
kegiatan dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku LKS
KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang penggunaan menu mail merge..
2. Menginformasikan kepada seluruh siswa tentang
wacana penunjukan beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan
mendemonstrasikan penggunaan menu mail merge..
ELABORASI
1.
Mempersilahkan siswa pertama maju ke depan kelas
untuk menjelaskan pengertian data induk dan sumber data.
2.
Mempersilahkan siswa kedua maju ke depan kelas untuk
menjelaskan aplikasi penggunaan mail merge dalam kehidupan sehari - hari.
3.
Mempersilahkan siswa ketiga maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan penggunaan menu mail merge.
4. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari teman – temannya
yang maju kedepan kelas.
5. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan
oleh teman – temannya yang telah maju ke depan.
6. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan menu mail
merge.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh temannya
yang maju ke depan kelas.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C. Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan
kembali serta mendemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan masing – masing ketua kelompok siswa.
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk mengerjakan latihan soal buku paket KKPI terkait dengan
materi yang telah dipelajari.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari langkah
operasional mencetak sebuah file.
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
Pertemuan Kedelapan (2 x 45 menit)
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
serta memotivasi siswa kedislinan merupakan kunci sukses dalam belajar.
2. Menanyakan kepada siswa tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan langkah operasional mencetak sebuah file yang dibuat dengan software
pengolah kata.
3. Menjelaskan kompetensi dasar serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4. Menyampaikan dan menjelaskan cakupan materi
(silabus) sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari serta uraian kegiatan
dari masing – masing materi.
B. Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1. Mempersilahkan siswa untuk membuka buku
LKS KKPI Kelas X pada halaman yang berisi materi tentang langkah – langkah
sebelum melakukan pencetakan file yang dibuat dengan software pengolah kata
(pemberian nomor halaman dan seting halaman).
2. Mempersilahkan siswa untuk mempelajari langkah operasional mengoperasikan printer melalui modul guru
yang ditamplkan di layar LCD.
3. Menginformasikan kepada seluruh siswa tentang
wacana penunjukan beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan langkah
– langkah sebelum melakukan pencetakan file (pemberian nomor halaman dan seting
halaman) serta langkah operasional mengoperasikan printer.
ELABORASI
1.
Mempersilahkan siswa pertama maju ke depan kelas untuk
menjelaskan langkahg operasional meyeting halaman sebuah file (menu page setup)
2.
Mempersilahkan siswa kedua maju ke depan kelas untuk
menjelaskan langkah operaional memberi nomor halaman.
3.
Mempersilahkan siswa ketiga maju ke depan kelas
untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan langkah operasional mencetak file yang
dibuat dengan software pengolah kata
4. Memberikan
kesempatan kepada seluruh siswa untuk mencatat penjelasan dari teman – temannya
yang maju kedepan kelas.
5. Menginstruksikan
kepada seluruh siswa untuk menyelesaikan jobsheet terkait dengan pengoperasian printer.
KONFIRMASI
1. Memotivasi siswa dengan memberikan penguatan bahwa
setiap siswa harus dapat menjelaskan dan menedemonstrasikan semua kegiatan yang telah dilakukan oleh
temannya yang maju ke depan kelas.
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah
dipelajari maupun mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah
dipelajari.
3. Mengawasi,
mengarahkan dan membantu siswa selama praktik di laboratorium secara langsung
maupun dengan program netop school.
C. Kegiatan Akhir
1. Menjelaskan
secara rinci langkah operasional mencetak file yang dibuat dengan software
pengolah kata kembali serta mendemonstrasikan pencetakan beberapa jobsheet..
2. Bertanya pada beberapa siswa dengan teknik
Random sampling (acak) untuk
menjelaskan tentang materi yang telah dipelajari.
3. Memberi
tugas pada siswa untuk meresume langkah operasional mencetak file dengan
software pengolah kata.
4. Menginformasikan
kepada siswa bahwa pada pertemuan berikutnya akan mempelajari penggunaan
software spredsheet.
5. Mengucapkan
salam penutup dan mempersilahkan siswa meninggalkan laboratorium.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
A. Alat
1. Personal
Computer
2. LCD
Proyektor
3. Printer
4. Whiteboard,
Boardmaker, Penghapus
5. Hub
6. Kabel UTP
dan Konector RJ45
B. Bahan
1. Kertas
C. Sumber Belajar
1. T. Adi Wijaya dan
Anjrah Mintana, 2008, Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK
dan MAK Kelas X . Erlangga Jakarta.
halaman 71 sampai dengan halaman 99.
3. Job sheet
(Lembar Kerja Siswa)
Job sheet
terlampir
4. Internet
(http://www.ilmukomputer.com)
VI. Penilaian
1. Test praktik
2. Test tertulis
B. Bentuk Penilaian
1. Pengamatan
2. Pilihan Ganda
3. Uraian Terbatas
C. Instrumen Penilaian
Naskah soal dan kunci jawaban
terlampir
D. Kriteria Penilaian
a. Aspek Yang Dinilai
1. Test Praktik
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimum
|
1.
2.
3.
|
Persiapan
Pelaksanaan
Pengakhiran
|
10
75
15
|
Total nilai
|
100
|
Kriteria penilaian praktik secara
rinci terlampir
2. Test Tertulis
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimum
|
1.
2.
|
Pilihan Ganda
Uraian Terbatas
|
40
60
|
Total nilai
|
100
|
Kriteria penilaian test
tertulis secara rinci terlampir
b. Perhitungan Nilai
1. Test Praktik
Nilai perolehan siswa
2. Test Tertulis
(Nilai perolehan pilihan ganda +
nilai perolehan uraian terbatas)
3. Nilai Akhir
(Nilai perolehan praktik x 60%) +
(Nilai perolehan tertulis x 40%)
......., Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMK .......
......................................
NIP. ..............................
|
Guru Mata Pelajaran KKPI
...........................................
NIP. ................................
|
No comments:
Post a Comment