Terima Kasih Atas Kunjungan Anda di Blog Kami

Sunday, 6 May 2012

RPP Qur'an Hadits MTs Berkarakte


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah                                 :   MTs. .......................
Mata Pelajaran                      :   Al-Qur’an Hadist
Kelas / Semester                     :   VII / 1
Alokasi Waktu                        : 4 x 40 menit
 
A.            Standar Kompetensi
2.         Mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist

B.            Kompetensi Dasar
2.1      Menjelaskan cara mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist 

C.            Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menjelaskan cara mencintai Al-Qur’an dan hadis.
§  Siswa mampu menyebutkan dalil tentang perintah mencintai Al-Qur’an dan hadis.
§  Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk mencintai Al-Qur’an dan hadis


Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, berani mengambil resiko, percaya diri, keorisinilan,  berorientasi ke masa depan

D.            Materi Pembelajaran
§  Cara mencintai Al-Qur’an dan hadis
§  Dalil tentang perintah mencintai Al-Qur’an dan hadis
§  Menyebutkan bentuk-bentuk mencintai Al-Qur’an dan hadis

E.            Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Tanya jawab

F.             Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
§  Guru mengucapkan salam dan berdoa sebelum membuka pelajaran
§  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

Motivasi  :
§  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD

Ü   Kegiatan Inti
Eksplorasi (peserta didik difasilitasi untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dan mengembangkan sikap melalui kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa)
§  Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§  Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadist
§  Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§  Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
§  Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§  Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik

Elaborasi (peserta didik diberi peluang untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta sikap lebih lanjut melalui sumber-sumber dan kegiatan-kegiatan pembelajaran lainnya sehingga pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik lebih luas dan dalam.)
§  Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§  Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
§  Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§  Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik

Konfirmasi (peserta didik memperoleh umpan balik atas kebenaran, kelayakan, atau keberterimaan dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh oleh siswa)

Ü   Kegiatan Penutup
§  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat kesimpulan pelajaran (nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kritis, logis);
§  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (nilai yang ditanamkan: jujur, mengetahui kelebihan dan kekurangan);
§  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis);
§  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

G.            Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an Hadist kelas 7
§  Lembar penilaian
§  Lembar pengamatan

H.            Penilaian 1
Nilai  Budaya & Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Cinta ilmu
§  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi-kan kebajikan bagi dirinya.
Mandiri
§  Mampu mencari sumber belajar sendiri
Kreatif
§  Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri
§  Menyebutkan pengertian cinta Al-Qur’an dan Al-Hadist
§  Menunjukkan cara  mencintai Al-Qur’an Menunjukkan cara men-cintai Al-Hadist
Tes Ujnuk Kerja
Penugasan
§  Mengapa kita perlu mencintai Al-Qur’an?
§  Bagaimana cara kita mencintai Al-Qur’an?
§  Mengapa kita perlu mencintai hadis?
§  Bagaimana cara kita mencintai hadis?


I.              Penilaian 2
Nama Kelompok
Keindahan Peta Konsep
Kelengkapan Peta Konsep
Kerapihan Peta Konsep
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3
















Nilai =  skor yang dicapai   x 100
                                 skor maksimal (9)

J.             RubRik Penilaian Diskusi
Nama                         :
Kelompok                :
Kelas                         :
No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
Tema
Guru
Total Skor
Nilai

Penalaran
Komunikasi lesan
§  Komunikatif
§  Ketepatan Jawaban
1
1




Komunikasi tulis
§  Mudah dipahami
§  Ketepatan Jawaban
1

2




No comments:

Post a Comment